Wednesday, 20 September 2017

Bantai Juventus 0-3, Barcelona Balaskan Dendam

Rabu, 13 September 2017 — 4:07 WIB
Messi rayakan gol ke gawang Juventus (reuters)

Messi rayakan gol ke gawang Juventus (reuters)

SPANYOL– Barcelona berhasil membalaskan dendam atas Juventus dalam laga babak penyisihan Grup D Liga Champions di Camp Nou, Rabu (13/9/2017) dinihari WIB. Dua gol Lionel Messi dan satu gol Rakitic membawa Barca unggul 3-0.

Seperti diketahui musim lalu Juventus berhasil mengalahkan Barca pada leg pertama perempat final Liga Champions dengan kedudukan 3-0 dan pada leg kedua bermain imbang 0-0 sehingga Blaugrana tersingkir dan gagal ke semifinal.

Memang tidak mudah bagi Barcelona menjebol gawang Juventus. Meski sejak menit awal terus menggempur pertahanan Bianconeri namun kokohnya tembok tim tamu membuat Messi dan kawan-kawan kesulitan menjebol gawang Buffon.

Menit ke-18 seharusnya tuan rumah unggul ketika Iniesta dilanggar pemain belakang Juventus hanya beberapa centi meter dari garis kotak penalti. Messi yang mengambil tendangan bebas sengaja membenturkan bola ke pemain Juventus yang lalu bola muntah disambar Suarez dengan sepakan keras. Namun tembakan pemain asal Uruguay itu mampu dengan gemilang ditepis oleh Buffon.

Pada menit ke-27 giliran Juventus mengancam Barcelona ketika Higuain melepaskan tembakan keras dari ujung kotak penalti tuan rumah, namun mengarah tepat ke pelukan Ter Stegen.

Juventus juga beberapa kali melancarkan ancaman lewat serangan balik yang dirancang Dybala. Namun padunya Gerard Pique dan Mutiti membuat serangan Si Nyonya Tua belum berbuah hasil.

Namun justru Barcelona yang unggul duluan lewat Lionel Messi pada menit ke-45 . Awalnya Suarez melakukan kerjasama dengan Messi dan Jordi Alba. Suarez melihat Messi berada di kotak penalti mengirim bola ke pemain Argentina itu yang akhirnya dengan jeli menjebol gawang Buffon dengan menempatkan bola ke pojok kiri sehingga kiper Juventus itu mati langkah. Babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-0 untuk Barca.

Memasuki babak kedua Barca tidak memberi ruang gerak kepada pemain Juventus. Lewat taka tiki mereka terus menguasai bola yang membuat repot pemain-pemain tim tamu.
Hasilnya Ivan Rakitić mampu mencetak gol pada menit ke-56. Awalnya Messi melepas umpan tarik ke mulut gawang, namun berhasil dihalau oleh Barzagli. Bola muntas lantas jatuh ke kaki Rakitic, yang tak membuang kesempatan dengan melepaskan tembakan kencang ke gawang Buffon.

Gol itu membuat skuat Juventus segera bangkit. Namun Higuain lagi-lagi memang tidak berkutik menghadapi Pique, sementara Dybala juga kurang perannya karena distribusi bola kepada pemain Argentina ini sangat minim.

Justru Barcelona yang mampu menambah gol pada menit ke- 69. Andres Iniesta mengirim bola ke Messi. Dengan gerak cepat melewati beberapa pemain belakang Juventus, Messi berlari ke depan kotak penalti, La Pulga langsung melepas tembakan akurat ke pojok kanan gawang. Buffon tertipu mentah-mentah dengan menjatuhkan tubuhnya ke arah sebaliknya.

Setelah gol itiu tampak Barcelona mulai nyaman memain bola. Bahkan Valverde tampak sudah puas lalu menarik keluar Ousmane Dembélé pemain anyar asal Dortmund itu dan menggantinya dengan Sergi Roberto .

Sebetulnya Dembele cukup bermain baik dan sudah bisa mengikuti irama permainan Barcelona. Bahkan dia beberapa kali merepotkan pertahanan Juventus hanya saja belum setajam Neymar yang hengkang ke Paris Saint Germain.

Tidak itu saja, Rakitic juga ditarik keluar dan digantikan Paulinho. Kehadiran pemain Brasil ini belum berdampak kepada permainan Barcelona. Justru setelah dia masuk beberapa kali gawang Ter Stegen terancam.

Meski demikian akhirnya Barcelona unggul 3-0 dan ini mampu membalaskan dendam Tim Catalan itu atas Bianconeri yang kalah menyakitkan musim lalu.

Tidak itu saja dua gol Messi ke gawang Boffon seolah mampu memupus ‘kutukan’ yang seolah-olah tidak mampu menjebol gawang kiper Timas Italia itu. (B)