Saturday, 18 November 2017

Cukur Brunei 8-0, Indonesia ke Semifinal

Rabu, 13 September 2017 — 17:52 WIB
Hasil akhir Brunei Darussalam vs Indonesia. (twitter @AFFPresse)

Hasil akhir Brunei Darussalam vs Indonesia. (twitter @AFFPresse)

MYANMAR – Indonesia lolos ke semifinal usai mencukur mencukur Brunei Darussalam dengan 8-0 dalam fase penyisihan Grup B piala AFF U18, Rabu (13/9/2017) di Stadion Thuwunna, Yanggon, Myanmar.

Tambahan tiga angka ini sementara membuat Indonesia berada di puncak klasmen dengan 19 angka dari empat laga. Namun, laga penentu Vietnam-Myanmar baru akan dimainkan beberapa jam lagi.

Bila Myanmar menang maka akan sama mengoleksi 19 poin. Hanya saja, selisih gol Indonesia sangat besar. Myanmar harus unggul dengan gol banyak untuk bisa jadi juara grup.

Bila Vietnam menang, maka Indonesia akan menjadi runner up karena akan mengumpulkan 12 angka. Ini berarti Indonesia akan berhadapan dengan Malaysia yang keluar sebagai juara Grup A.

Pada laga itu, Indonesia langsung tancap gas begitu babak pertama dimulai. Laga belum lagi berjalan satu menit ketika keyika Rafli lolos dari kepungan tiga pemain lawan. Sempat terjatuh, ia mampu melepas tembakan ke gawang lawan. Indonesia unggul 1-0.

Berselang dua menit, ia kembali mendapat kesempatan. Sayangnya bola melayang di atas mistar.

Menit 18, Egy Maulana melesat sendiri. Melewati kiper lawan, ia dihadang bek lawan tapi bola yang diambilnya malah meluncur masuk gawang sendiri. Skor menjadi Indonesia 2, Brunei 0.

Egy kembali menunjukkan kemampuannya dengan mengacak-acak pertahanan lawan. Ia kemudian merobek gawang lawan hingga Indonesia menambah keunggulannya.

Meski unggul, Indonesia tak juga menurunkan tekanannya. Pemain Brunei praktis turun mempertahankan daerahnya.

Menit 41, Witan mencetak gol ke empat dari jarak jauh. Bola bersarang di pojok kanan gawang Brunei.
Dua menit menjelang waktu jeda, gawang Brunei kembali terkoyak. Rafli mencetak gol keduanya setelah mendapat umpan Dedi Tri.

Brunei benar-benar merana setelah Rafli mencatat gol ketiganya sebelum babak pertama selesai. Kedudukan menjadi Indonesia6 dan Brunei 0.

Keluar dari ruang ganti, Indonesia kembali menekan. Peluang emas didapat pada menit 64 saat Rafli mendapat umpan tarik dari Egy. Sayang ia gagal menendang bola, sebaliknya malah jatuh kesakitan. Ia ditarik pelatih Indra Sjafri untuk diganti dengan Hanis Saghara.

Menit 67, Witan mencetak gol kedua. Menerima umpan dari sepak pojok Samuel, ia menanduk bola ke pojok kiri gawang. Indonesia unggul 7-0.

Semenit kemudian, Egy melepas umpan tarik yang diterima Hanis dengan langsung menceploskan bola ke gawang Brunei. Indonesia unggul jauh 8-0.
Hingga pluit panjang berbunyi, tak ada tambahan gol lagi. Indonesia mengunci kemenangan dengan 8-0. (yp)

Susunan pemain:
Indonesia: Savik; Samuel, Kadek, Dedi; Lutfi, Feby, Asnawi, Witan; Egy; Rafli
Brunei: Hakim; Rahimin, Wadud, Safwan; Aminuddin; Asyraffhmi, Azman, Mateen, Aslam; Hariz, Asmadi