Monday, 25 September 2017

Dengar Auman Harimau, 12 Monyet Mati Ketakutan Bersamaan

Rabu, 13 September 2017 — 12:47 WIB
12 ekor monyet ditemukan mati bersamaan diduga karena mendengar auman harimau. (ist)

12 ekor monyet ditemukan mati bersamaan diduga karena mendengar auman harimau. (ist)

INDIA – Sebanyak 12 monyet di hutan India Utara, ditemukan dalam keadaan mati terkena serangan jantung setelah mendengar auman seekor harimau.

Tubuh kaku 12 monyet liar tersebut ditemukan petugas departemen kehutanan sungai Katna, India yang merupakan wilayah lintasan harimau.

Kematian hewan primata ini sempat diduga karena diracun. Namun, hasil otopsi dokter hewan menyebutkan jika 12 monyet tersebut mengalami serangan jantung secara bersamaan akibat ketakutan dengan auman harimau.

“Telah dikonfirmasi dalam laporan otopsi bahwa monyet tersebut meninggal karena serangan jantung. Monyet-monyet itu bisa saja mati karena auman harimau karena harimau sering melintasi daerah itu,”jelas Sanjeev Kumar, seorang dokter hewan di kawasan itu, seperti yang dilansir Dailymail.

Hasil ini diperkuat dengan ditemukannya jejak kaki harimau disekitar lokasi ditemukannya monyet-monyet tersebut.

Namun, Dr Brijendra Singh, yang juga seorang dokter hewan membantah hal tersebut. Menurutnya, kematian massal monyet ini bukanlah hal yang bisa terjadi pada primata ini.

“Monyet adalah hewan liar dan mereka tidak bisa mati dengan cara seperti itu (serangan jantung). Monyet-monyet tersebut bisa saja terjangkit infeksi yang akhirnya membunuh mereka,” ujarnya. (embun)