Tuesday, 21 November 2017

Pegawai PN Cibinong Dites Urine

Rabu, 13 September 2017 — 19:27 WIB
(iustrasi/ koesma)

(iustrasi/ koesma)

BOGOR (Pos Kota) – Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bogor melakukan tes urine mendadak terhadap 99 pegawai di Pengadilan Negeri (PN) Cibinong. Banyak karyawan terkejut ketika dikumpulkan di ruang sidang Kusumah Atmadja.

Namun saat diberitahu, jika ada petugas BNNK yang akan melakukan tes urine, puluhan PNS ini lega dan siap mengikuti arahan Ketua PN Cibinong, Lendriaty Janis.

Sejumlah hakim hingga tenaga honorer diperiksa urinenya. Setelah dua jam pemeriksaan, petugas BNNK tidak menemukan adanya pegawai yang memakai narkotika.

“Dua jam BNNK lakukan tes urine. Hasilnya langsung diketahui. Saya bersyukur, dari 99 pegawai yang mengikuti tes urine, semuanya negatif,”kata Lendriaty.

Bambang, Humas PN Cibinong, menambahkan pemeriksaan mendadak ini atas inisiatif ketua pengadilan. Langkah ini dilakukan, guna menindaklanjuti perintah Mahkamah Agung (MA), yang meminta seluruh pengadilan untuk rutin melakukan tes mendadak sebagai antisipasi penyalahgunaan narkoba.

“Kalau dibilang lebih dulu, maka karyawan yang merasa pakai narkoba akan kabur duluan. Saya bersyukur, walau mendadak tapi tidak ada yang ditemukan pakai obat terlarang,”ujar Bambang.

Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyararak (P2M) pada BNNK Bogor, Rika Indriati menuturkan, dari 104 pegawai lima diantaranya berhalangan hadir, seperti lepas piket, pendidikan dan sakit.

“Ada 99 orang yang kami periksa. Yang belum diperiksa, kami arahkan untuk melakukan tes urin di Kantor BNNK Bogor setelah mereka sudah kembali bekerja,” papar Rika. (yopi/yp)