Saturday, 18 November 2017

Praperadilan Novanto Ditunda, MA Jamin Tak Ada Intervensi,

Rabu, 13 September 2017 — 19:34 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

JAKARTA (Pos kota) -Mahkamah Agung (MA) menjamin proses praperadilan yang diajukan Ketua DPR Setya Novanto tidak akan ada intervensi di manapun dan oleh siapapun.

“MA jamin tidak ada intervensi terhadap proses praperadilan dan dari dulu sudah kita sebutkan bahwa tugas di peradilan tidak boleh diintervensi oleh atasan baik itu pengadian tinggi maupun MA,” kata juru bicara MA Suhadi di kantornya, Jakarta, Rabu (13/9/2017).

Sebagaimana diketahui, Setya Novanto mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, atas penetapan dirinya oleh KPK. Novanto menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi e-KTP.

Suhadi menambahkan, MA menjamin tidak akan ada kongkalikong di balik penundaan sidang praperadilan Novanto. Sidang praperadilan Novanto sedianya digelar Selasa (12/9/2017) kemarin, namun hakim memutuskan menunda sidang tersebut hingga Rabu (20/9/2017) pekan depan.

Dia menjamin, jika pada akhirnya ditemukan penyimpangan, pasti akan ada tindakan hukum. MA sudah berkomitmen dan menjamin tidak ada intervensi. “Kalau ada penyimpangan pasti dihukum, tapi kita komitmen bahwa kita jamin itu tidak ada intervensi,” tambahnya.

Suhadi mengaku tidak tahu apa alasan penundaan sidang praperadilan Setnov itu. Menurutnya pra peradilan tergantung pada pihak yang berperkara yang memiliki kompetensi. “Ya pihak (yang berperkara) dong. Kalau enggak hadir ya bagaimana, kan dia yang berkompeten di situ. Bisa saja diwakili kuasa hukumnya,” ucap dia.(us)