Saturday, 23 September 2017

SBY: KPK Musuhnya Banyak

Rabu, 13 September 2017 — 18:23 WIB
SBY dan Basaria Panjaitan, Ketua KPK di DPP Partai Demokrat. (rihadin)

SBY dan Basaria Panjaitan, Ketua KPK di DPP Partai Demokrat. (rihadin)

JAKARTA (Pos Kota) – Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendorong Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk selalu bersemangat memerangi korupsi di Indonesia.

“Rakyat tahu KPK ini misinya besar, tantangannya juga besar, musuhnya banyak,” kata SBY dalam diskusi sistem integritas partai politik antara KPK dengan DPP Partai Demokrat, di Wisma Proklamasi, Kantor Partai Demokrat, Jalan Proklamasi, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13/9/2017).

Untuk itu, Presiden keenam Republik Indonesia ini pun menyampaikan pesan untuk para komisioner dan pegawai KPK agar tetap kuat, tegar, terjaga integritasnya, adil dalam memproses kasus korupsi. Selain itu, ia meminta KPK tegas menolak segala bentuk intervensi.

“Tolak segala intervensi dari manapun, termasuk yang disebut obstruction of justice. Karena obstruction of justice itu dalam Undang-Undang kita itu mendapat sanksi hukum yang berat,” ujarnya.

Diskusi ini merupakan inisiatif KPK yang diadakan di sejumlah parpol. Selain di Demokrat, hari ini, lembaga antirasuah juga mengadakan diskusi serupa di kantor Partai Nasional Demokrat. Sebelumnya, mereka ke kantor PDI Perjuangan, Gerindra, PKB dan Hanura.

Diskusi dimulai sejak pukul 14:00 dan masih berjalan hingga berita ini diturunkan. Dalam diskusi tertutup ini hadir pula sejumlah pejabat teras Partai Demokrat antara lain Wakil Ketua Umum Roy Suryo, Sekjen Partai Hinca Panjaitan, Ketua Dewan Kehormatan Partai Amir Syamsudin, Wasekjen Didi Irawadi, dan Ketua Fraksi Partai Edhi Baskoro Yudhoyono. (julian/yp)