Sunday, 24 September 2017

Terekam CCTV, Pencuri Berpeci Gasak Motor Jamaah Sholat Dzuhur

Rabu, 13 September 2017 — 23:17 WIB
Pencuri motor berpeci terekam CCTV.

Pencuri motor berpeci terekam CCTV.

BEKASI (Pos Kota) – Kawanan pencuri sepeda motor menyatroni mesjid di Perumahan Bumi Satria Kencana, Kayuringinjaya, Bekasi Selatan, saat waktu solat dhuhur, Rabu (13/09/2017).

Aksi pencuri itu terekam kamera CCTV. Mengelabui jamaah, pelaku mengenakan peci seperti orang mau solat berjamaah di Masjid Al Anshor Perumahan Bumi Satria Kencana (BSK).

Dari tayangan CCTV itu terlihat, pelaku masuk ke dalam areal masjid membawa tas selempang. Tas berisi kunci T dan senjata api yang diduga untuk menakut-nakuti atau bahkan bis ajuga ditembakkan bila ada yang menghalanginya.

Pelaku berjumlah dua orang. Mereka menggasak sepeda motor Honda Vario 125 cc milik warga yang tengah sholat Dzuhur berjamaah di masjid.

Dalam video berdurasi 48 detik itu, seorang pelaku yang tengah mengeksekusi motor korban mengenakan kaos abu-abu. Lengkap dengan peci.

Ada lima sepeda motor, namun pelaku memilih sepeda motor Vario. Caranya mendekati lalu mengambil kunci leter T dari tasnya dan membuka paksa selama 5 detik, saat situasi sepi, dia lalu duduk di atas motor sambil mengamati sekeliling lokasi. Sementara rekan lainnya, telah menunggu di ujung gang menggunakan satu unit motor tanpa pelat nomor kendaraan.

Bila dilihat durasinya, tersangka beraksi selama 40 detik untuk menggasak sepeda motor. Saat mesin motor hidup, pelaku langsung bergegas melarikan diri.

Heru Waskito, warga, mengatakan pencurian terjadi sekitar pukul 12.00. “Kemungkinan pelaku sudah mengamati situasi, sehingga saat jamaah sedang solat mereka baru beraksi,” kata Heru.

Heru juga mengatakan motor yang dicuri milik Agus. Lelaki 32 tahun itu terkejut saat mengetahui sepeda motornya raib. Dibantu pengurus masjid, mereka kemudian memutar rekaman kamera CCTV masjid untuk mengetahui pelakunya.

Kepala Unit Reskrim Polsek Bekasi Selatan Iptu Purwanto mengaku sudah mendengar aksi pencurian itu. Namun sampai Rabu (13/9) petang, korban belum melapor, “Sudah melihat rekaman kamera CCTV itu yang dikirim dari warga. Sejauh ini, tersangka berjumlah dua orang,” kata Purwanto.
Menurut dia, pelaku memanfaatkan kelengahan korban soalnya mereka beraksi saat pemilik kendaraan sedang salat berjamaah. (saban/yp)