Saturday, 23 September 2017

Diminta Fadli Zon Tak Menggusur, Djarot: Mereka Melanggar

Kamis, 14 September 2017 — 13:15 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat menegaskan akan tetap menertibkan permukiman yang berdiri di atas tanah milik negara atau bukan peruntukannya.

Hal itu diungkapkan Djarot untuk menjawab permintaan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon yang meminta Kampung Kebun Bayam, Jakarta Utara tidak digusur.

Sebelumnya, Fadli mengatakan agar Djarot menyerahlan penataan pemukiman sekitar Taman BMW itu diserahkan kepada pemerintahan Anies Baswedan.

Terkait hal itu, Djarot tetap pada pendiriannya.  “Kami pemerintah itu harus menegakkan peraturan. Kami tidak mungkin membela mereka-mereka yang melanggar, kita harus menciptakan ketertiban di sini,” ujar Djarot di Bakaikota Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Kamis (14/9/2017).

Djarot menandaskan, Pemprov DKI tidak akan melakukan penertiban kepada warga yang mempunyai legalitas atas pemukimannya. Dalam melakukan penertiban, dikatakan Djarot, Pemprov juga akan menyiapkan rumah susun sebagai tempat relokasi warga.

“Kami tidak pernah menggusur orang kalau itu benar. Kami akan memindahkan, merelokasi warga supaya mereka mendapatkan tempat yang bisa dipertanggungjawabkan dari sisi keselamatan, kesehatan, dan keabsahannya. Di Jakarta bagaimanapun juga kita harus berani mewujudkan ketertiban sosial seperti ini,” imbuh Djarot.

Pemprov DKI Jakarta berencana melakukan penertiban Kampung Kebun Bayam, Kelurahan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kepada Fadli zon yang datang, warga Kampung Kebun Bayam yang terdiri dari 535 kepala keluarga itu berharap rumahnya tidak ditertibkan. (ikbal/win)