Monday, 25 September 2017

Head to Head: Indonesia Lebih Produktif, Thailand Lebih Kokoh

Kamis, 14 September 2017 — 22:16 WIB
Skuat Garuda Nusantara merayakan gol dalam salah satu laga di fase penyjisihan Grup B Piala AFF U18. (instagram pssi_fai)

Skuat Garuda Nusantara merayakan gol dalam salah satu laga di fase penyjisihan Grup B Piala AFF U18. (instagram pssi_fai)

JAKARTA (Pos Kota) – Timnas Indonesia U19 bakal berlaga melawan Thailand di semifinal Piala AFF U18 Myanmar, Jumat (15/9/2017) pukul 15:00 WIB. Dipercaya, laga akan berjalan ketat demi selembar tiket ke final.

Indonesia tampil di semifinal setelah melalui tiga kemenangan dan sekali kalah melawan Vietnam hingga mengumpulkan 9 angka. Dalam empat pertandingan itu, angka mencetak gol terlihat mentereng dengan 19 gol memasukkan dan empat kemasukan.

Sedangkan Thailand melaju ke semifinal dengan koleksi 13 poin usai meraih empat kemenangan dan satu imbang. Tak semengkilap Indonesia, runner up Grup A ini mencetak sembilan gol dan kemasukan dua gol.

Berdasarkan data di AFF, terhitung penyelenggaraan ajang ini pada 2002, Thailand sangat digdaya dengan empat kali merebut trofi juara, yakni pada 2002, 2009, 2011 dan 2015, dua kali runner up dan tiga kali peringkat tiga dan sekali di urutan empat. Sedang Indonesia baru sekali menjadi juara, yakni pada 2013 dengan mengalahkan Vietnam lewat 7-6 adu penalti.

Dalam empat pertemuan terakhir, Thailand empat kali mengalahkan Indonesia. Kemenangan terakhir didapat pada Vietnam Youth Training Centre, Hanoi, pada 14 September 2016. Saat itu, Thailand unggul lewat dua gol Sittichock ddan satu gol Worachit. Dua gol yang dicetak Indonesia dilakukan oleh Drajad dari titik penalti.

Kemenangan besar atas Brunei Darussalam di laga terakhir Grup B tentu menjadi motivasi khusus pasukan Indra Sjafri ini. Dilihat dari produktivitas gol, barisan depan Tim Garuda Nusantara agaknya bisa menembus pertahanan lawan.

Namun, Thailand tentu bukan tim yang bisa dipandang sebelah mata sama sekali. Sedikitnya gol kemasukan menjadi gambaran jelas kokohnya pertahanan tim Gajah Putih ini.

Laga yang pasti menarik! (yp)

Perkiraan susunan pemain

Thailand: Kantaphat Manpati, Kritsada Kaman, Panyawat Nisangram, Yuthapichai Lertlum, Ekanit Panya, Suriya Chaisuk, Chokanan Saima-In, Jaturapat Sattham, Naravit Kaosantia, Wudtichai Kumkeam, Teerapat Laohabut

Indonesia: Muchamad Aqil Savik, Nurhidayat Haji Haris, Muhammad Iqbal, Muhamad Luthfi Kamal Baharsyah, Egy Maulana Vikri, Muhammad Rifad Marasabessy, Rachmat Irianto, Feby Eka Putra, Saddil Ramdani, Hanis Saghara Putra, Firza Andika