Friday, 24 November 2017

Manfaat Mengkonsumsi Buncis Bagi Kesehatan

Kamis, 14 September 2017 — 9:17 WIB
Buncis. (ist)

Buncis. (ist)

MASYARAKAT Indonesia pastinya tak asing lagi mendengar kata buncis. Tanaman jenis polong-polongan ini, dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Biasanya buah, biji dan daun buncis sering dimanfaatkan sebagai sayuran.

Buncis memiliki banyak manfaat bila dikonsumsi. Selain dapat menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga metabolisme gula dalam darah sehingga sangat baik apabila dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi.

Penasaran dengan manfaat buncis lainnya yang diperoleh dari kandungan gizinya? Berikut daftarnya  :

* Mengatasi gejala penyakit diabetes. Zat seperti stigmasterol dan sitisterol dalam buncis, melakukan peranannya untuk meningkatkan produksi insulin dari pankreas. Insulin ini yang akan mengontrol kadar gula darah pada tubuh.

* Serat makanan yang relatif tinggi pada buncis, membantu menurunkan kadar kolesterol darah, obesitas, dan sembelit.

* Buncis juga merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Penelitian menunjukkan, bahwa makanan yang kaya folat jika dikonsumsi ibu hamil, akan membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi yang baru lahir.

* Buncis juga kaya dengan pitosterol, terutama ß-sitosterol. Studi menunjukkan bahwa sayuran seperti kacang-kacangan, buah-buahan, dan sereal kaya sterol membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

* Kandungan vitamin K yang ditemukan dalam buncis, berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, vitamin K juga membantu mencegah kerusakan syaraf pada otak. (embun)