Thursday, 23 November 2017

Mobil Water Canon Dikerahkan untuk Bantu Korban Kekeringan

Kamis, 14 September 2017 — 17:24 WIB
watercanon

SERANG (Pos Kota) – Bencana kekeringan yang melanda wilayah Kabupaten Serang bagian utara mengakibatkan warga membutuhkan air bersih. Daerah-daerah yang membutuhkan air bersih diantaranya, Kecamatan Pontang, Tirtayasa dan Tanara.

`Sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat, Kepolisian Resor (Polres) Serang, Kamis (14/9/2017), mulai mengirimkan bantuan air bersih ke lokasi bencana kekurangan air bersih di Kampung Wanayasa di Kecamatan Pontang menggunakan kendaraan water canon.

“Pengiriman air bersih ini sebagai wujud kepedulian Polri terhadap saudara-saudara kami yang kini menghadapi kesulitan air bersih,” ungkap Kapolres Serang, AKBP Wibowo ditemui poskotanews.com di sela-sela acara donor darah di gedung Bhayangkari Mapolres Serang.

Mantan Kapolres Kediri Kota ini menyebut, untuk tahap pertama pengiriman 6.000 liter air bersih diperuntukan warga di Kampung Wanayasa, Kecamatan Pontang.

Di kampung ini, kata Kapolres, sedikitnya 150 kepala keluarga sangat membutuhkan air bersih untuk keperluan memasak, minum dan mandi. “Saya berharap bantuan air bersih hanya digunakan hanya untuk kebutuhan memasak, minum dan mandi,” kata Kapolres.

Kapolres menambahkan pengiriman air bersih ke Kampung Wanayasa merupakan tahap awal penyaluran air bersih. Kapolres menjelaskan pihaknya sudah merencanakan akan melakukan pengiriman bantuan air bersih ke lokasi yang mengalami musibah yang sama di wilayah Kabupaten Serang.

Pada musin kemarau saat ini sumber air di rumah warga di wilayah Serang bagian utara sudah mengering. “Sudah kita rencanakan akan memasok air bersih ke lokasi lainnya. Kita sudah perintahkan para Kapolsek untuk memantau daerah-daerah yang kesulitan air bersih,” kata Kapolres.

Berdasarkan pantauan, pengiriman air bersih menggunakan kendaraan water canon oleh Polres Serang tersebut diterima warga dengan suka cita.

Warga Kampung Wanayasa nampak berbondong-bondong dengan membawa berbagai macam tempat mulai dari ember kecil hingga drum plastik berukuran ratusan liter. Meski demikian, pembagian air bersih yang dilakukan personil Satuan Sabhara di areal gedung sekolah dan masjid ini nampak berjalan lancar, tidak terjadi saling serobot.

“Kami berharap kepedulian Polres Serang ini bisa ditiru oleh instansi pemerintah lainnya maupun pihak swasta untuk sesegera mungkin menyalurkan air bersih. Kami disini (Wanayasa, red) sangat membutuhkan karena sumber air bersih sudah nengering,” kata Toton, warga setempat yang ikut antri. (haryono/win)