Wednesday, 22 November 2017

Musim Hujan Segera Tiba?

Kamis, 14 September 2017 — 7:00 WIB
sabar

KETIKA hujan tiba, apalagi yang mau ditunggu? Wow, jelas dong kedatangan tamu yang bernama ‘air’. Kalau datangnya sedang-sedang saja, oke. Tapi, kalau membludak, bisa bikin hati warga, terutama langganan banjir seperi Ibukota dan sekitarnya was-was, dong?

Bukan saja di hunian yang langganan banjir, di pinggiran kali, tapi juga di tengah kota, jalan raya. Tengok saja, pekan lalu ketika hujan turun di siang hari sekitar sekian jam, maka jalan-jalan tergenang dan lumayan macet.

“Jakarta macet itu kan biasa, Mas? Nggak banjir saja macet?“ kata warga.

Okelah kalau begitu. Yang dimaksud adalah bahwa genangan air yang terjadi di jalanan itu kayaknya aneh bin ajaib. Bayangkan saja, padahal hampir dua bulan nggak hujan, kok hujan sekali langsung ada genangan? Bagaimana ini? Kalau begitu kan berarti itu yang namanya saluran nggak bener? Artinya, bisa jadi penuh dengan kotoran sampah, atau pembuatannya asal-asalan? Nggak mikirin azas air mengalir. Ya, dan berbagai sebab musabab lah?

Sebenarnya sih, yang namanya merawat apa saja, termasuk saluran seharusnya sepanjang waktu. Got atau saluran, mau dialiri air atau nggak ya terus dirawat. Jaga kebersihannya, jangan sampai ada sampah. Maklum, ada juga sebagian masyarakat yang belum tahu kalau itu saluran, lalu buat membuang sampah. Got itu mereka pikir bak sampah.

Malah, ada yang berpikir saluran itu bungker, makanya buat menyimpan kabel curian? Dan baru ketahuan setelah sekian lama? Coba kalau saluran itu ditengok setiap hari, nggak bakalan tuh digunakan macam- macam oleh orang-orang yang nggak bertangung jawab!
Ayola kalau begitu, kita rawat bareng-bareng itu got atau saluran biar nggak mampet! –massoes