Saturday, 25 November 2017

SSA di Depok Kurang Efektif Jika Infrastruktur Tidak Ditambah

Kamis, 14 September 2017 — 9:27 WIB
Kepadatan luar biasa arus kendaraan dari arah Sawangan di perlimaan (sisi barat) Jalan  Raya Dewi Sartika,  Depok.  (anton)

Kepadatan luar biasa arus kendaraan dari arah Sawangan di perlimaan (sisi barat) Jalan  Raya Dewi Sartika,  Depok.  (anton)

DEPOK (Pos Kota) – Evaluasi Sistem Satu Arah (SSA) di Depok, dianggap kurang evektif lantaran tidak dipenuhi dengan penambahan pembangunan infrastruktur jalan.

Hal tersebut dikatakan Kasat Lantas Polresta Depok Kompol Sutomo setelah sempat menjadi polemik di warga terkait pemberlakukan SSA mulai bulan kemarin. Namun setelah ada evaluasi kembali dari Pemda terjadi ada peningkatan kerja lalulintas di lapangan.

“Setelah ada evaluasi ulang dari Pemda anggota kita bekerja maksimal dalam menjaga arus lalulintas. Terutama weekend Sabtu dan Minggu pada jalur SSA tidak menampung kendaraan apalagi dari arah Margonda dan Sawangan Raya,”ujarnya kepada Pos Kota didampingi Kanit Dikyasa Polresta Depok AKP Rasman di sela acara pisah sambut pergantian Kapolsek dan Kasat di Aula Atmani Adhi Wedhana Polresta Depok, Kamis (14/9).

Selain itu dampak kepadatan kendaraan paling terlihat jika dari arah Sawangan terjadi kemacetan di Jalan Dewi Sartika lantaran ada perlintasan kereta setiap rata – rata 4 menit KRL jurusan Bogor melintas.

“Dari beberapa tinjauan yang kita temukan di lapangan tersebut sampai sekarang belum ada solusi dari Pemda. Karena keberadaan kita disini adalah pengambilan hukum untuk Polres, sedangkan pemegang wewenang penuh untuk SSA adalah Pemerintah Kota Depok,”ungkap mantan Kanit Regindet Polresta Depok ini.

Program SSA yang diberlakukan Pemkot, lanjut Kasat, akan betul-betul berjalan efektif jika memperhatikan masalah perbaikan infrastruktur yang ada.

“Misalnya pelengkap pengadaan infrastruktur yang ada tersebut yaitu mulai dari pelebaran jalan simpang Nusantara, Simpang Dewi Kartini, serta pemunduran simpang trafic light yang ada di Lamanda masuk ke Jalan Arif Rahman Hakim sehingga dapat memaksimalkan SSA,”tutupnya. “SSA belum maksimal karena dari perbaikan infrastruktur sendiri belum ada.”

(angga/M3/sir)