Saturday, 23 September 2017

Tekuk Dortmund 1-3, Tottenham Hotspurs Tebar Ancaman

Kamis, 14 September 2017 — 5:58 WIB
Harry Kane rayakan gol ke gawang Dortmund (reuters)

Harry Kane rayakan gol ke gawang Dortmund (reuters)

INGGRIS- Tottenham Hotspur menunjukkan salah satu tim yang patut diperhitungkan pada laga Liga Champions musim ini. Ancaman itu ditunjukkan Spurs saat menjamu Borussia Dortmund di penyihan Grup H yang mampu menang telak 3-1.

Pada laga yang dihelat di Wembley Stadium, London, Kamis (14/9/2017) dinihari WIB tadi, Hotspurs menang lewat gol Heung – Min Son pada menit keempa dan dua gol Harry Kane menit ke -15 dan 60. Adapun gol balasan Dortmund diceta oleh Yarmolenko menit ke-11.

Dengan kemenangan ini Spurs mendampingi Madrid sama-sama memiliki tiga poin, hanya saja El Real unggul selisih gol setelah menggebuk APOEL 3-0 sehingga berhak sementara di puncak klasemen.

Hotspur yang bertindak sebagai tuan rumah mampu unggul cepat lewat kaki Heung – Min Son pada menit keempat. Setelah menerima umpan panjang, Son membawa bola kekotak penalti Dortmund. Son pun kemudian melepaskan tembakan kaki kiri ke tiang dekat yang tak bisa diantisipasi kiper Roman Buerki.

Namun Dortmund tidak lama berselang mampu membalas pada menit ke-11 setelah Yarmolenko menjebol gawang Spurs melalui tembakan melengkung dari luar kotak penalti.

Sial bagi Dortmund, selang empat menit kemudian Spurs kembali unggul. Kali ini Kane melakukan aksi individunya mampu melewati beberapa pemain belakang tim tamu. Kane lalu melempaskan tembakan lewat kaki kiri yang membawa timnya unggul 2-1.

Dortmund lalu mencari gol penyeimbang sehingga Spurs tertekan dan lebih banyak bertahan .
Dortmund punya peluang pada menit ke-30. Umpan Kagawa diterima oleh Christian Pulisic, yang kemudian menggiringnya ke dalam kotak penalti untuk melepaskan umpan silang mendatar ke arah Aubameyang, namun bola lebih dulu berhasil dipotong pemain lawan.

Dortmund terus menekan Spurs sepanjang sisa babak pertama . Namun hingga turun minum, skor 2-1 tetap bertahan untuk tim tuan rumah.

Memasuki babak kedua, Spurs mampu keluar dari tekanan tim tamuy. Kane yang lolos dari posisi offside setelah menerima umpan dari Christian Eriksen nyaris menambah gol. Namun, sayang sepakan Kane melambung di atas gawang.

Giliran Dortmund mengancam pada menit ke-56 . Aubameyang berhasil melesakkan bola ke gawang Spurs setelah menyambar bola hasil umpan silang Mahmoud Dahoud. Namun, gol tersebut dianulir wasit setelah striker asal Gabon itu dinilai berada dalam posisi offside. Jika melihat dari tayangan ulang, Aubameyang sebenarnya dalam posisi onside.

Justru Spurs berhasil memperbesar keunggulan menjadi 3-1. Kane melesakkan gol keduanya di laga ini setelah mendapat sodoran bola dari Eriksen.

Di menit ke-66, pelatih Peter Bosz membuat pergantian di sektor tengah Dortmund dengan menarik Kagawa dan memasukkan Mario Goetze. Perubahan ini nyaris membuahkan hasil di menit ke-69.

Sepak pojok Goetze berhasil disambut Nuri Sahin dengan tandukan kepala, namun bola mengarah ke Aubameyang yang langsung disambarnya ke arah gawang. Sial bagi Dormund, bola sepakan Aubameyang masih bisa dimentahkan Hugo Lloris.

Di masa injury tim Spurs harus bermain dengan 10 pemain setelah Jan Vertonghen diganjar kartu kuning kedua usai kedapatan menyikut lawan. Beruntung untuk tim tamu, kekalahan jumlah pemain itu tak berdampak pada hasil laga. Kane dkk. berhasil menutup laga dengan skor 3-1.(B)