Thursday, 26 April 2018

29 Dalang Cilik Akan Semarakkan Malam Satu Suro di TMII

Jumat, 15 September 2017 — 8:57 WIB
dalang cilik

JAKARTA (Pos Kota) – Rayakan malam satu suro, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menggelar festival dalang bocah tingkat nasional. Sedikitnya, 29 dalang cilik dari seluruh provinsi di tanah air akan menyemarakan kegiatan tersebut.

Direktur Budaya TMII Sulistyo Tirtokusumo mengatakan, kegiatan itu sendiri akan digelar pada 21 September hingga 23 September, mendatang. Bertempat di panggung candi bentar, diharapkan bisa menarik minat para pengunjung. “Festival tersebut digelar untuk menanamkam pengetahuan anak bangsa tentang nilai nilai pewayangan,” katanya.

Dikatakan Sulis, festival dalang anak tingkat nasional ini, merupakan hasil kerjasama dengan persatuan pedalangan indonesia (pepadi). Dimana nantinya, dalam festival tersebut diikuti oleh dalang cilik terbaik berumur 8 sampai 15 tahun yang mewakili provinsi masing masing. “Sarana wayang ini juga diharapkan akan menjadi sarana pendidikan anak bangsa,” ujarnya.

Sulis menambahkan, nantinya para dalang akan memainkan beberapa jenis wayang antara lain wayang kulit purwa, gagrak surakarta, jogjakarta, jawa timuran, wayang banyumasan, wayang kulit cirebonan. Selain itu, wayang menak sasak, wayang golek purwa, wayang kulit indramayu, wayang banjar dan wayang kulit betawi, juga akan menyemarakan kegiatan tersebut. “Semuanya disajikan untuk perayaan satu suro mendatang,” ungkapnya.

Sulistyo menambahkan, melalui kegiatan itu juga, diharapkan wayang dapat diteruskan dan didapatkan regenerasi dalang-dalang muda lainnya. Apalagi, banyak budaya Indonesia yang mampu digelar dalam tingkat nasional. “Masing masing budaya memiliki data tarik dan memiliki ciri khas masing masing. Ini juga menjadi tugas TMII untuk melestarikan budaya Indonesia,” pungkasnya.

(ifand/sir)