Wednesday, 24 July 2019

Rutan Dikosongkan, Penghuni Pindah ke Lapas Gunung Sindur

Jumat, 15 September 2017 — 21:24 WIB
Iliustrasi

Iliustrasi

BOGOR (Pos Kota) – Sebanyak 930 tahanan yang menghuni rumah tahanan (Rutan) Gunung Sindur, akan dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Gunung Sindur, Irfan Rizky, mengatakan kepastian pengosongan rutan, masih belum diketahui. Namun ia menegaskan rutan yang akan dikosongkan bakal dijadikan lapas khusus bandar narkoba.

“Rutan mau dijadikan lapas bagi bandar narkoba. Pengamanannya akan ketat, karena nanti diberlakukan sistim high risk atau sistem keamanan maksimal. Akan ada penerapan sistem satu orang satu sel. Jadi satu orang satu kamar. Tidak disatukan seperti yang sudah-sudah,” kata Irfan.

Pemisahan satu kamar satu penghuni, bertujuan untuk mencegah adanya komunikasi antara bandar didalam penjara. “Di dalam lapas, tahanan dilarang saling berkomunikasi. Yang menjenguk juga tidak boleh melakukan kontak fisik langsung dengan warga binaan,”paparnya.

Menurutnya, Kemenkum HAM saat ini tengah menyiapkan, empat lapas khusus bandar narkoba.
“Empat lapas itu yakni, Lapas Kelas III Gunung Sindur, Lapas Kelas II A Lahat, Sumatera Selatan, Lapas Kelas I Batu Nusakambangan, Jawa Tengah dan Lapas Kelas III Narkotika Kasongan, Kalimantan Tengah. Semua Lapas masih dalam tahap renovasi karena memakai pengamanan berlapis,”tandas Irfan. (yopi/yp)