Tuesday, 14 August 2018

Becakpora Ala Kapolres Serang Lepas Personil Purna Bhakti

Selasa, 19 September 2017 — 9:01 WIB
Kapolres Serang AKBP Wibowo mengayuh becak mengantarkan personil Polri yang memasuki masa purna bhakti.

Kapolres Serang AKBP Wibowo mengayuh becak mengantarkan personil Polri yang memasuki masa purna bhakti.

SERANG (Pos Kota) – Ada pemandangan menarik di halaman Mapolres Serang yang belum pernah terlihat sebelumnya, kemarin. Kalangan pejabat utama Polres Serang mulai dari Kapolres, Wakapolres dan Kepala Satuan (Kasat) mengayuh becak mengantarkan para pensiunan Polri.

Acara mengayuh becak ini merupakan rangkaian prosesi pelepasan para personil kepolisian Polres Serang yang telah memasuki masa purna bhakti.

Pada sambutannya Kapolres Serang AKBP Wibowo menyampaikan ucapan terima kasih kepada para purna bhakti atas dedikasinya selama bertugas menjadi anggota Polri. Ucapan yang sama juga disampaikan para isteri pensiunan Polri yang telah setia membantu tugas-tugas suami maupun Bhayangkari.

“Satu hal yang saya sangat senang yaitu bisa melihat para pensiun ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Kita semua pasti akan pensiun tapi akankah kondisi fisik kita sama seperti mereka (para pensiunan) yang hadir. Saat ini tentunya kita berharap selalu diberikan kesehatan,” kata Kapolres.

Ditegaskan Kapolres, atas nama pimpinan Polri dan pribadi sangat apresiasi kepada para personil yang telah memberikan pengabdian kepada bangsa dan negara khususnya Polri. AKBP Wibowo mengatakan kegiatan ini merupakan wujud penghargaan dan hormat. Masa pensiun, tambah Kapolres, adalah babak baru bagi abdi negara untuk kembali ke lingkungan masyarakat.

“Ketika kembali ke lingkungan masyarakat, kiranya dapat menjaga nama baik institusi Polri. Lakukan keterampilan selama bertugas hingga dapat menjadi panutan keluarga maupun masyarakat di lingkungan tempat tinggal,” harapnya.

Sementara itu, AKP (Purn) Asep Sugandi, mewakili rekan-rekan mengucapkan apresiasi terhadap Kapolres Serang AKBP Wibowo beserta jajaran yang telah melakukan prosesi pelepasan para purna bhakti. Pria yang pernah menjabat sebagai Kasat Tahti ini sangat terharu dan mengaku baru kali pertama melihat purnawirawan Polri dilepas layaknya pimpinan Polri.

“Selama saya bertugas sebagai anggota Polri, baru kali ini dirayakan layaknya pelepasan para pimpinan Polri. Saya berharap kepada pimpinan Polri, tradisi ini harus tetap dipertahankan sebagai bentuk penghargaan,” kata Asep Sugandi.

Pantuan poskotanews.com, sebelum dilepas, para purna bhakti yaitu AKP Asep Sugandi, Aiptu Ayi Rahmat, Aiptu Gunawan, Bripka Ade Yayan, Aiptu Sanan, Bripka Sana, terlebih dahulu diberikan penghargaan dan uang kadeudeuh. Setelah itu, para purnawirawan foto bersama dan mendapat kalungan bunga dari Kapolres Serang.

Diiringi tarian adat sunda dan lagu perpisahan, lima purnawirawan ini langsung diantar naik becak dengan diiringi para pejabat lainnya. Pada sesi ini terlihat wajah haru para purnawan dan isteri. Setelah para purnawirawan dan isteri berada diatas becak, Kapolres dan pejabat lainnya mengayuh becak mengantarkan hingga ke gerbang Mapolres Serang.

(haryono/sir)