Friday, 20 October 2017

Proses Pengaduan, MKD Panggil Pelapor Fadli

Selasa, 19 September 2017 — 19:09 WIB
Wakil Ketua DPR Fadli Zon (timyadi)

Wakil Ketua DPR Fadli Zon (timyadi)

JAKARTA (Pos Kota) -Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan memproses Wakil Ketua DPR Fadli Zon yang mengirim surat ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) agar menunda pemeriksaan Ketua DPR Setya Novanto sebagai tersangka.

“Kita akan proses berdasarkan laporan dari masyarakat, dalam hal ini Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI),” kata Wakil Ketua MKD Syarifudin Suding kepada wartawan, Selasa (19/9).

MAKI melaporkan Fadli Zon ke MKD karena dugaan pelanggaran kode etik lantaran telah menandatangani surat permohonan penundaan pemeriksaan Ketua DPR RI Setya Novanto kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kami akan panggil koordinator MAKI ini dalam proses verifikasi dan penyelidikan ke MKD untuk segera melengkapi dokumen-dokumen berkas aduannya,” ujar Sudding lagi.

Menurutnya, pemanggilan pelapor sebagai tahap awal untuk memverifikasi laporannya. Pemanggilan juga akan dilakukan kepada Kesetjenan DPR RI untuk mengkonfirmasi salinan surat penundaan pemeriksaan Setya Novanto.

“Karenanya rapat pimpinan tadi memutuskan yang bersangkutan akan kami panggil dalam proses verifikasi dan penyelidikan, termasuk menyangkut surat itu kami akan memanggil pihak Kesetjenan,” jelas Sekjen DPP Partai Hanura itu.(us)