Monday, 12 November 2018

Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan Pengurus RW dan LMK

Selasa, 19 September 2017 — 8:34 WIB
Berfoto bersama usai acara sosialisasi program kepesertaan BPJS Ketenakerjaan bagi RW dan LMK se-Kelurahan Pulo Gebang. (Joko)

Berfoto bersama usai acara sosialisasi program kepesertaan BPJS Ketenakerjaan bagi RW dan LMK se-Kelurahan Pulo Gebang. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta – Pulo Gebang mengadakan sosialisasi program keselamatan kerja bagi pengurus RW dan LMK. Sosialisasi ini juga dihadiri Kabag Perekonomian Jakarta Timur, Yeni Asnita dan Lurah Nurhilal.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta – Pulo Gebang, Iwan Hardiman menjelaskan, sosialisasi program BPJS Ketenagakerjaan meliputi empat program di antaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

“Untuk RW dan LMK hanya disosialisasikan dua program yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JK),” ujarnya.

Adapun biaya per bulan untuk dua program jaminan ini hanya delapan belas ribu seratus dua puluh satu rupiah. “Sangat murah kan? Biaya preminya tidak sampai Rp 20 ribu sebulan,” tambah Iwan. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti para pengurus RW dan LMK se-Kelurahan Pulo Gebang.
Kabag Perekonomian Yeni mengatakan dengan sosilisasi ini diharapkan warga Jakarta Timur dapat terjamin secara sosial maupun ekonomi serta keselamatan dalam bekerja. “Setidaknya para pengurur RT/RW dan LMK dapat menjadi peserta BPJS Ketenakerjaan,” ujarnya.

 
Setelah diterbitkannya Surat Edaran Walikota Jakarta Timur Nomor: 22/SE/2017 Pemerintah Kota Jakarta Timur menegaskan bahwa keikutsertaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi pengurus RT/RW, LMK se-wilayah Jakarta Timur bersifat wajib dengan pembayaran iuran bersifat mandiri dan tidak ada pemotongan dana operasional yang diterima oleh RW,” ucap Yeni.

Lurah Pulo Gebang Nurhilal menambahkan, pihaknya siap mengkomunikasikan dan mengkoordinasikan kepesertaan program BPJS Ketenagakerjaan kepada seluruh RT/RW dan LMK di wilayah Kelurahan Pulo Gebang.
“Sosialisasi ini sangat penting untuk keselamatan dan jamimnan dalam bekerja. Saya harap para ketua RW dapat menjadi peserta setelah mengikuti sosialisasi ini,” tegas Nurhilal.

Di akhir acara sosialisasi tersebut, semua peserta yang terdiri dari 17 pengurus RW Kelurahan Pulo Gebang langsung menyatakan ikut program jaminan sosial yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. “Kami juga akan sosialisasikan kepada masyarakat agar ikut program ini demi ketenangan dalam bekerja,” ujar seorang pengurus RW.

(joko/sir)