Tuesday, 20 November 2018

Sering Bersikap Aneh, Bocah Wanita Ini Harus Diikat Orang Tuanya

Kamis, 21 September 2017 — 7:52 WIB
Bunga Gusmiar Alwi, 9, bocah wanita yang terpaksa diikat karena sering mengamuk.

Bunga Gusmiar Alwi, 9, bocah wanita yang terpaksa diikat karena sering mengamuk.

SUKABUMI (Pos Kota) – Kondisi bocah wanita, Bunga Gusmiar Alwi warga Cisarua , Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat ini cukup memilukan. Sudah bertahun-tahun, bocah 9 tahun ini terpaksa hidup dalam ikatan lantaran sering mengamuk dan menderita penyakit aneh.

Ironisnya, orangtua Bunga tak bisa membawanya ke rumah sakit lantaran terganjal biaya. Kebingungan mengobatinya secara gratis juga tersandung karena keluarganya tak mempunyai kartu BPJS.

Menurut ibunya, Sumarni, 48, kelainan putri bungsunya itu diketahui sejak usianya tiga tahun. Bunga tak seperti anak-anak usia umumnya, karena saat itu belum bisa berbicara dan berjalan.

Melihat hal itu, Sumarni sempat membawa Bunga ke rumah sakit karena waktu itu kondisi keuangannya terbilang cukup. Suaminya Furqon, 53, merupakan pegawai perusahaan perkebunan. Bahkan sempat membawanya terapi.

Namun semua upaya waktu itu belum berbuah hasil. Hingga akhirnya keluarganya kehabisan biaya dan menghentikan pengobatannya. Seiring waktu, tingkah laku Bunga kian aneh. Bunga acapkali membentur-benturkan kepalanya ke tembok dan hiperaktif.

“Dia sering melukai kepalanya sendiri dengan cara membenturkan ke tembok dan tidak bisa diam. Makanya terpaksa kami ikat ke kursi tapi dipakaikan bantal di sekelilingnya,” ungkapnya.

Kini, Sumarni hanya bisa pasrah dengan kondisi putrinya itu. Dia berharap ada uluran dermawan ataupun pemerintah membantu anaknya berobat. “Saya juga ngga tahu penyakit apa yang diderita Bunga. Mudah-mudahan ada bantuan buat berobat,” harapnya. (sule)