Sunday, 18 November 2018

Tahun Baru, Ayo Hijrah!

Jumat, 22 September 2017 — 5:29 WIB
ibu

SELAMAT Tahun Baru 1439 Hijriah! Itu ucapan yang masuk ke HP Bang Jalil sepanjang hari kemarin. Dari saudara, kawan dan rekanan, bukan saja melalui tulisan dan ilustrasi, tapi ada juga yang langsung bicara.

“Met Tahun Baru Hijriah, Bang? Semoga panjang umur, banyak rezeki, sehat wal afiat, semoga kita bisa hijrah ke kehidupan yang lebih baik! “ kata sang penelepon.

“Sama-sama, makasih,” jawab Bang Jalil, singkat.

Kata Nabi, orang yang panjang umur dan selalu bebuat baik, makat itulah manusia yang baik. Tapi, kalau panjang umur, tapi kelakuannya nol, yaitu orang yang sangat merugi!
Apa itu kelakuan nol? Itu tuh, mereka yang semakin tua, masih belum juga insyaf, masih melakukan perbuatan tercela. Merampok membunuh dan memperkosa. Para pejabat menyalahgunakan jabatan, KKN.

“Ada yang begitu? Banyak, ya. Coba, hitung berapa banyak itu KPK , belakangan ini mengkap mereka karena kong-kalikong menerima suap . Itu mereka sudah tua, yang seharusnya menyudahi segala kegiatan kejahatannya. Apalagi kejahatan mereka itu sangat merugikan negara dan rakyat!” kata penelepon itu lagi.

“Ya, sudah Pak. Jangan ngomel saja, yang penting kita kan nggak korupsi?” ujar istri Bang Jalil.

Bang Jalil tersenyum dalam hati. Ya, memang apa yang mau dikorupsi? Pejabat bukan, punya proyek juga nggak? Hemm, tapi, Bang Jalil merasa bersyukur karena dia bukan pejabat, karena bisa jadi dia juga akan ikut-ikutan?

“Amit- amit, deh Pak, Jangan sampe! Eh, tapi kalau ada yang nawari jadi pejabat, terima saja Pak. Soal kejahatan kan tergantung orangnya. Ibu kan ingin ‘hijrah’, nggak mau jadi orang susah terus? Enak kali Pak jadi pejabat? -massoes