Wednesday, 22 August 2018

Keracunan Nasi Kotak, Puluhan Siswa SMPN 184 Kalisari Pingsan

Minggu, 24 September 2017 — 15:44 WIB
Anggota tim evakuasi menolong pelajar yang keracunan di lokasi perkemahan Cibubur. (Angga)

Anggota tim evakuasi menolong pelajar yang keracunan di lokasi perkemahan Cibubur. (Angga)

DEPOK (Pos Kota) – Puluhan siswa SMP yang tengah kemping di Bumi Perkemahan (Buperta) Cibubur, Cipayung Jakarta Timur, Minggu (24/9) sekitar pukul 11:00 WIB, keracunan makanan.

Para pelajar yang  sedang istrirahat makan siang tersebut diduga keracunan saat menyantap makanan nasi kotak.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Poskota, dari 300 pelajar kelas 1 SMP 184  Kali Sari yang dipimpin Kepala Sekolah Abdul Rifai sedang melakukan kegiatan di dalam lingkungan bumi perkemahan.

Lalu setibanya istirahat makan siang dari pelajar yang ada setidaknya ada 70 anak yang pingsan bersamaan setelah menyantap nasi kotak yang telah disediakan panitia acara.

Menanggapi hal tersebut Kapolsek Cimanggis Kompol Sunarto mengatakan lokasi kejadian masuk wilayah hukum Polres Metro Jakarta Timur, tepatnya Polsek Cipayung.

Namun dari hasil pengecekan anggota bhabinkamtibmas terdekat di lokasi sekitar, ada  70 anak yang mengalami keracunan  dan dilarikan ke rumah sakit.

“Untuk korban yang keracunan masuk wilayah kita ada yang di rawat RS Meilia, RS Permata Cibubur. Sedangkan untuk wilayah Jakarta ke RS Polri Kramat Jati dan RS Pasar Rebo untuk mendapatkan pertolongan medis,”ujarnya kepada Poskota.

Mantan Kapolsek Sawangan ini mengungkapkan meski wilayah kejadian masuk daerah Cipayung. Pihaknya tetap melakukan koordinasi dengan Polsek Cipayung.

“Pada saat kejadian Kapolsek Cipayung Jakarta Timur telah ada di TKP melakukan pengecekan langsung. Nasi kotak catering dipesan dari daerah Pasar Rebo Jakarta Timur, menu dengan isi nasi sambal, kripik balado, telur dan ditambah tahu,”katanya.

Usai menyantap nasi kotak, korban  muntah-muntah dan ada yang langsung pingsan.

“Hasil keterangan anggota yang meminta informasi dari salah satu murid dan kakak pembina,  keracunan setelah makan katering dengan menu tahu. Tapi kalau tidak dimakan tahunya tidak terjadi apa-apa. Dilokasi telah datang Kapolsek Cipayung,  tim evakuasi DKI dan Tim Kesehatan DKI langsung menangani kasusnya di tempat perkemahan,”tutupnya. (Angga/M3/tri)