Saturday, 16 December 2017

Program Uji Coba SSA, Forum Masyarakat Depok Akan Kembali Demo

Minggu, 24 September 2017 — 15:49 WIB
Puluhan angkot di terminal bayangan lahan parkir PT KAI, Depok menunggu calon penumpang. (anton)

Puluhan angkot di terminal bayangan lahan parkir PT KAI, Depok menunggu calon penumpang. (anton)

Depok (Pos Kota) – Program uji coba Sistem satu Arah (SSA) yang telah berlangsung 1,5 bulan lebih terus disambut pro dan kontra termasuk dari kalangan sopir angkutan kota (Angkot) yang melintas di kawasan tersebut.

Forum Masyarakat Depok berencana akan mengelar aksi demo berkaitan kurang efisennya program tersebut.

“Keberadaan uji coba SSA sangat berimbas kepada penghasilan kami sehari-hari terlebih rute Angkot D 07 terminal bis Depok – Jembatan Serong karena tidak lagi melintas di Jl. Raya Margonda atau ke terminal bis Depok maupun Ramayana,” keluh Hengki, sopir D 07, Minggu (25/9).

Dengan adanya uji coba,  angkot D 07 dari Jembatan Serong-Pitara sesampainya dipintu perlintasan kereta api  Jl. Raya Dewi Sartika langsung belok kiri kearah Stasiun Depok Baru dimana di stasiun tersebut sudah penuh dengan Angkot D 01.

Sebelum adanya SSA,  angkot D 07 dari Jembatan Serong, Pitara, Jl. Dewi Sartika, Jl. Raya Margonda masuk terminal bis Depok melintas kolong Jembatan Layang Arif Rahman Hakim kembali ke Jl. Raya Margonda, pertigaan PLN dan kembali ke Jl. Raya Dewi Sartika, ujarnya.

“Sekarang sehari paling dapat uang Rp 30 ribu hingga Rp 50 ribu kalau sebelum SSA bisa bawa uang ke rumah Rp 200 ribu,” tuturnya yang berharap uji coba SSA dibatalkan.

Akan Demo

Sementara itu, Yudhi, warga Beji, mengatakan ada rencana dari Forum Masyarakat Depok akan mengelar demo kembali ke Balaikota Depok berkaitan pengembalian jalur kendaraan karena uji coba SSA banyak menimbulkan masalah seperti kemacetan, pedagang dan pemilik toko sepi pembeli dan lainnya.

Bahkan, tambah dia, yang baru terjadi kemarin (Sabtu (24/9/2017) dua pelajar SDN Anyelir 1 Prumnas Depok Jaya menjadi korban kecelakaan akibat diseruduk Angkot yang kebut-kebutan karena jalan sepi

Menanggapi banyaknya keluhan, Walikota Depok Muhammad Idris menilai,  sebagian besar warga Depok menanggapi positif kegiatan SSA karena dapat mengurangi kemacetan di sejumlah titik. “Cukup baik respon masyarakat berkaitan uji coba SSA tersebut,” tuturnya.

Namun memang sampai sat ini belum diputuskan dipakai atau tidak program SSA tersebut karena menunggu koordinasi bersama antar jajaran Pemkot Depok, Dishub Depok, Polres dan Kodim dan lainnya.

“Kami masih menunggu kepastian jajaran Polres Depok,” tuturnya.(M4/Anton/Tri)