Monday, 19 November 2018

Setelah Larang facebook, Kini China Blokir WhatsApp

Selasa, 26 September 2017 — 13:47 WIB
Ilustrasi WhatsApp. (reuters)

Ilustrasi WhatsApp. (reuters)

CHINA – Pengguna aplikasai WhatsApp di China akhirnya benar-benar tak dapat mengakses kembali layann pesan instan tersebut. Sudah sejak pertengahan tahun 2017 Pemerintah Tiongkok berusaha memblokir WhatsApp, dan awal pekan ini seluruh layanan WA di China tidak berfungsi.

“Ini bukan metode teknis biasa yang digunakan pemerintah China dalam menyensor sesuatu,” ujar Nadim Kobeissi, cryptographer di firma riset Symbolic Software,seperti dilansir New York Times, Selasa (26/9/2017).

Lokman Tsui, seoang pakar komunikasi internet di Chinese University of Hong Kong, mengatakan bahwa pekan lalu sejumlah orang amsih menggunakan aplikasi ini, namun sangat dibatasi.

“Kalau Anda cuma dibolehkan melaju dengan kecepatan 1 mil per jam di sebuah jalan, Anda tentu tidak mau melewati jalan itu meskipun sebenarnya tidak diblokir secara teknis,” ujar Tsui memberikan gambaran.

Dengan pemblokiran ini, warga China harus menggunakan layanan alternatif seperti WeChat, yang merupakan aplikasi layanan instan buatan lokal di China.