Thursday, 16 August 2018

Melahirkan Saat Melamar Pekerjaan, Bayi Dibuang di Toilet Pabrik

Rabu, 27 September 2017 — 20:13 WIB
Bayi yang dibuang di toilet pabrik

Bayi yang dibuang di toilet pabrik

SUKABUMI (Pos Kota) – Sesosok bayi laki-laki baru lahir ditemukan di toliet pabrik di Jalan Raya Segog, Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Batat, Rabu (27/9/2017).

Kasusnya tengah dalam penyelidikan Polsek Cibadak. Bayi seberat 2,5 kilogram dengan panjang 47 centimeter bersama ibunya berinisial YL, 18, tengah dirawat di RSUD Sekarwangi karena plasentanya masih tertinggal dan harus di curette.​

​Terungkapnya kasus ini ketika wanita asal Sagaranten, Kabupaten Sukabumi ini tengah melamar di pabrik yang bergerak di bidang elektronik tersebut. Ketika tengah mengantri, dia tiba-tiba masuk ke toilet pabrik. Dia berada di toilet hampir 20 menit.

Selang beberapa menit, masuklah petugas kebersihan, Abdul Rosid, 39. Abdu terkaget ketika di penampungan air yang tertutup piring ada bayi terbungkus plastik dengan ari-ari masih menempel. Dia langsung bergegas melaporkan ke satpam pabrik. Satpam kemudian membawa bayi itu ke ruang P3K pabrik. Lalu, satpam itu mencari ibu yang tega membuang bayinya.

“Kami menemukan ibunya pas saat mengantre. Di sana terlihat bercak darah di tempat yang dia duduki. Kami langsung bawa bayi itu ke rumah sakit, dan melaporkannya ke polisi. Ibunya juga turut dibawa polisi karena kondisinya lemah,” terang Personalia PT Cosmo Teknologi, Taufik Muzaki.

Kanit Reskrim Polsek Cibadak, Iptu Madun menuturkan dari pengakuan YL bayi itu hasil hubungan gelap dengan pacarnya. Dia memang hendak membuang bayinya lantaran malu melahirkan anak tapi belum menikah.

“Kami masih melakukan penyelidikan, barang bukti berupa tong penampungan air warna biru, piring, selang dan kantung plastik pembungkus bayi sudah diamankan. Tersangka terancam dijerat Undang-undang Perlindungan Anak dengan ancaman kurungan di atas lima tahun,”​ tuturnya.

Humas RSUD Sekarwangi, Ramdansyah menyebutkan bayi berjenis kelamin laki-laki itu memiliki berat badan 2,5 kilogram dan tinggi badan 47 centimeter.

“Kondisi bayi dalam keadaan sehat, sementara ibu bayi yang berinisial YL masih dalam perawatan karena plasenta bayi masih tertinggal,” tandasnya. (sule)