Thursday, 14 December 2017

Tekuk Shakhtar Donetsk 0-2, Manchester City Kokoh di Puncak Klasemen

Rabu, 27 September 2017 — 4:26 WIB
Raheem Sterling rayak gol untuk Manchester City (reuters)

Raheem Sterling rayak gol untuk Manchester City (reuters)

INGGRIS– Manchester City mampu mengatasi perlawanan ngotot Shakhtar Donetsk dengan menang 2-0 dalam laga penyisihan Grup F Liga Champions di Etihad Stadium, Rabu (27/9/2017) dinihari WIB.

Dengan kemenangan ini Manchester City kokoh di puncak klasemen sementara dengan nilai enam dari dua kali laga. Sebab sebelumnya City juga mampu mengalahkan Feyenoord.

Dari dua kai laga yang sudah dimainkan di Grup F, Napoli dan Shakhtar Donetsk sama-sama mengemas tiga poin. Pasalnya di laga lain Napoli mampu menghancurkan tamunya Feyenoord 3-1.

Dengan demikian di Grup F, Manchester City berada di puncak klasemen Napoli di posisi kedua nilainya sama dengan Shakhtar Donetsk yaitu tiga. Napoli unggul selesih gol. Sedangkan Feyenoord di posisi buncit tanpa nilai.

Tidak mudah bagi Manchester City untuk mengalahkan Shakhtar. Meski mampu menguasai laga, namun hingga babak pertama usai, The Citizen tidak mampu menjebol gawang tim tamu akibat tangguhnya kiper Pyatov yang beberapa kali mampu menyelamatkan gawangnya.

Kebutuan baru pecah ketika babak kedua lewat gol De Bruyne pada menit ke-48. Menerima umpan dari David Silva, sepakan keras De Bruyne dari luar kotak penalti meluncur ke pojok deras gawang Shakhtar. Pyatov kali ini tak sanggup melakukan penyelamatan.

Tertinggal 1-0, Shakhtar Donetsk berusaha membalas. Seperti pada menit ke-51, wakil Ukraina ini memiliki peluang. Butko mendapat umpan silang ke kotak penalti City, namun Otamendi berhasil menghalau bola.

Harusnya menit ke-72 Man City sudah menambah keunggulan. Sayang Aguero gagal menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti. Sepakan eks penyerang Atletico Madrid itu berhasil dimentahkan oleh Pyatov.

City mendapatkan hadiah penalti dari wasit setelah Sane dijatuhkan oleh Ordets di dalam area terlarang. Bek Shkahtar itu beruntung tidak diganjar kartu kuning kedua oleh sang pengadil.

Namun akhirnya Raheem Sterling yang masuk sebagai pemain pengganti mampu menambah keunggulan City pada menit ke-90. Sayap asal Inggris itu sukses meneruskan umpan dari Bernardo melalui tembakan kencang. Kali ini Pyatov dipaksa memungut bola dari gawangnya untuk kali kedua. (B)