Monday, 24 September 2018

Lindungi TKI

BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Bank CIMB Niaga

Jumat, 29 September 2017 — 15:19 WIB
Dari kiri ke kanan) Direktur Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan, dan Direktur Business Banking CIMB Niaga Rahardja Alimhamzah .(Rihadin))

Dari kiri ke kanan) Direktur Perluasan Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E Ilyas Lubis, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto, Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M. Siahaan, dan Direktur Business Banking CIMB Niaga Rahardja Alimhamzah .(Rihadin))

JAKARTA (Pos Kota)  pelayanan terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI),   BPJS Ketenagakerjaan  menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga).

CIMB Niaga juga akan mendukung PERISAI atau Penggerak Jaminan Sosial Indonesia, yaitu sistem keagenan yang dikembangkan BPJS Ketenagakerjaan untuk memperluas akuisisi pekerja sektor informal.

Seperti diketahui,  per 1 Agustus 2017, pemerintah memberikan kepercayaan pada BPJS Ketenagakerjaan untuk melaksanakan program Jaminan Sosial TKI.

Karena itulah,  kata Dirut  BPJS Ketenagakerjaan Agus Susanto,  pihaknya terus menjalin berbagai kerjasama strategis untuk memuluskan upaya perlindungannya.

Sebelumnya BPJS Ketenagakerjaan juga sudah menjalin kerjasama dengan Bank BNI untuk memberi perlindungan kepada TKI,  untuk memudahkan TKI membayar iuran dan juga pengiriman uang ke tanah air.

Penandatanganan nota kesepahaman antara BPJS Ketenagakerjaan dengan CIMB Niaga dilakukan di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, dan Presiden Direktur dan Direktur CIMB Niaga, masing-masing Tigor M. Siahaan dan Rahardja Alimhamzah.

“Untuk dapat melindungi TKI, dibutuhkan dukungan infrastruktur yang mumpuni, sehingga kerjasama dengan perbankan yang memiliki jaringan di luar negeri tampaknya sudah menjadi keharusan bagi BPJS Ketenagakerjaan,” jelas Agus.

Program Jaminan Sosial TKI saat ini,  dikatakan Agus sudah memberikan perlindungan kepada sekitar 70.000 orang. Dia berharap kerjasama ini dapat lebih meningkatkan kepesertaan TKI, khususnya pada program Jaminan Hari Tua, agar para TKI ini dapat mempersiapkan masa tua mereka dengan lebih baik.

Perkuat Perisai

Sementara untuk dapat memperkuat peran PERISAI, BPJS Ketenagakerjaan membutuhkan mitra perbankan yang memiliki infrastruktur teknologi yang mampu memproses registrasi dan pembayaran iuran secara digital.

“Kerjasama ini bertujuan memperluas akses pelayanan dan pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan.Semuanya dilakukan dengan memanfaatkan infrastruktur, keahlian dan pengalaman CIMB Niaga”, ujar Agus.

Program Perisai sendiri yang melibatkan agen-agen untuk merekrut kepesertaan informal,  lanjutnya,  akan segera dilaunching dalam waktu dekat.  “Saat ini masih dalam tahap penyempurnaan dan persiapan dengan perwakilan JICA yang kini sudah merapat di Jakarta,” tutur Agus.(Tri)