Monday, 19 November 2018

Djarot Harap Layanan RPTRA yang Ini Sepi Pengunjung

Selasa, 3 Oktober 2017 — 15:20 WIB
Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat saat meresmikan RPTRA di Pulogadung, Jakarta Timur. (ikbal)

Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat saat meresmikan RPTRA di Pulogadung, Jakarta Timur. (ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat jari ini meresmikan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Jaka Teratai di Pulo Gadung, Jakarta Timur, Selasa (3/10/2017).

Beberapa fasilitas seperti perpustakaan, taman bermain hingga beberapa layanan masyarakat. Djarot mendorong agar warga sekitar untuk dapat memanfaatkan fungsi RPTRA sebagai tempat interaksi antarwarga.

Namun dari sekian fasilitas yang ditawarkan, ada satu layanan yang diharapkan Djarot tidak digunakan warga, yakni Pos Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak.

“Di sini dibuat posko pengaduan kekerasan terhadap anak dan perempuan. Kalau semakin banyak pengaduan, makin tidak sukses fungsi RPTRA ini,” kata Djarot.

Djarot berharap dengan keberadaan RPTRA sebagai wadah interaksi maka jenis kekerasan terhadap anak-anak dan perempuan dapat diminimalisasi. Caranya, kata Djarot, pengelola harus dapat memberikan penyuluhan kepada warga akan tindak pidana tersebut. Mantan Walikota Blitar itu juga meminta pengelola membuat acara yang edukatif baik bagi anak-anak maupun orangtua.

” Yang kita inginkan kekerasan fisik dan psikis diperangi melalui keberadaan RPTRA,” tandas Djarot.

Politisi PDI Perjuangan itu me nambahkan selain kekerasan fisik, masyarakat juga rigarapkan waspada akan kekerasan psikis, diantaranya yang dilakukan melalui teknologi informasi.

“Kekerasan psikis Ini dalam bentuk ujaran kebencian yang menyakiti, dalam bentuk penyebaran berita hoaks, dalam bentuk mengadu domba, dalam bentuk menista, meremehkan, menghina orang lain,” pungkas Djarot.

Diketahui, selain di RPTRA Jaka Teratai Pos Pengaduan Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak telah terlebih dahulu didirikan di 12 lokasi RPTRA yakni RPTRA Marunda, Kalijodo, Harapan Mulia, Rustanti, Rusunawa Pesakih, Rusunawa Flamboyan, Kemandoran, Flamboyan, Muara Baru, Rusunawa Pulogebang, Rusunawa Cipinang Besar Selatan dan Rusunawa Griya Tipar.
(ikbal/sir)