Monday, 23 October 2017

Djarot Minta Masuk Ancol Gratis, Ini Tanggapan Pengelola

Selasa, 3 Oktober 2017 — 20:08 WIB
Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.(Ikbal)

Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat.(Ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta PT Pembangunan Jaya Ancol melakukan ujicoba pemberlakuan gratis tiket masuk ke Pantai Ancol.

Akses masuk Pantai Ancol nantinya akan berlaku hanya bagi pengunjung, sedangkan kendaraan pengunjung akan dikenakan tarif progresif.

“Saya minta tanggal 14 Oktober itu uji coba dimulai, gratis untuk orang yang masuk, tapi kendaraan kena tarif parkirnya progresif, itu fair. Kalau dia masuk ke wahana baru bayar. Uji coba selama 6 bulan,” kata Djarot usai memberiĀ  arahan kepada seluruh direksi BUMD DKI di Balaikota, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2017).

Djarot mengatakan ujicoba tersebut dilajukan selama enam bulan. Setelah itu baru dilakukan evaluasi terhadap kebijakan tersebut. Ujicoba, kata Djarot perlu dilakukan, khusus terkait masalah keamanan.

“Uji coba itu sistem pengamanannya, dan ini jam 9 harus tutup, jadi pengunjung yang sudah di sana mulai jam 8 malam itu harus keluar,” imbuh Djarot.

Menurut mantan Walikota Blitar itu, dengan kebijakan tersebut PT Jaya Ancol tidak akan merugi. Pasalnya, sektor lain dalam wisata Pantai Ancol akan lebih terangkat.

“Itu kan kita tidak hanya mengharapkan orang dihitung per kepala toh, tapi multiple efeknya itu yang harus kita hitung. Contoh kuliner di sana akan laris, pasar seni akan hidup,” tandas Djarot

Sementara itu saat dikonfirmasi instruksi Gubernur, Direktur utama PT Pembangunan Jaya Ancol Paul Tehusijarana mengaku masih akan mengkaji kebijakan tersebut. Paul mengatakan pihaknya harus mempersiapkan segala sesuatunya agar kebijkan tersebut dapat dilakukan dengan baik.

“Ya nanti kita lihat, kita atur, nanti kalo ngga diatur kan berantakan. Kita kan mesti belajar dulu gimana, kalo mau gratis. Sedikit lagi kita selesaikan kajiannya,” kata Paul. (ikbal/win)