Tuesday, 14 August 2018

KSKP Bakauheni Amankan Satwa Liar

Rabu, 4 Oktober 2017 — 15:52 WIB
Amankan Satwa Liar

LAMPUNG (Pos Kota) – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, mengamankan satwa liar siamang, macan akar dan musang pandan yang diselundupkan ke Jakarta menggunakan mobil Mitsubishi Elf warna hijau plat nomor BE 2370 YW, di Seaport Interdiction (SI) Pelabuhan Bakauheni, Rabu (4/10/2017) dinihari sekitar pukul 00.30 WIB.

Kepala Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni, AKP Enrico Donald Sidauruk mengatakan, petugas mengamankan beberapa satwa liar dilindungi tersebut, saat dilakukan pemeriksaan rutin di Seaport Interdiction (SI) Pelabuhan Bakauheni, Rabu (4/10) dinihari. Satwa liar dilindungi tersebut, diangkut dengan mobil Mitsubishi Elf warna hijau BE 2370 YW yang dikemudikan oleh Ipul (39), warga Kelurahan Segala Mider, Kemiling, Bandarlampung.

“Saat dilakukan pemeriksaan terhadap kendaraan tersebut, petugas menemukan satwa liar dilindungi itu berada dalam kotak (boks) dicampur dengan beberapa kotak tumpukan barang. Dari pengakuan sopir, satwa itu rencananya akan dibawa ke Jakarta,”ujarnya kepada Poskota, Rabu (4/10).
Dikatakannya, satwa liar yang diamankan itu adalah, satu ekor anak siamang, tiga ekor macan akar dan satu ekor musang pandan. Karena pengemudi tidak bisa menunjukkan surat-surat dokumen resmi, petugas mengamankan satwa tersebut dan membawanya ke Mapolsek KSKP Bakauheni.

“Hasil pemeriksaan, satwa liar yang diamankan merupakan hewan yang masuk dalam daftar dilindungi. Kami akan menyerahkan satwa liar dilindungi, ke Balai Konservasi Sumberdaya Alam (BKSDA) Bengkulu-Lampung,”ungkapnya.

Enrico menguatarakan, pihaknya akan terus mengintensifkan melakukan pengawasan dan pemeriksaan, terhadap kendaraan (surat kendaraan) dan juga orang di pintu masuk dan keluar Pelabuhan Bakauheni. Hal tersebut dilakukan, untuk mengantisipasi masuknya barang-barang illegal tanpa dilengkapi dokumen resmi.

(koesma/sir)