Thursday, 14 December 2017

Memasuki Musim Hujan Cegah DBD Sejak Dini

Rabu, 4 Oktober 2017 — 5:05 WIB

CUACA Kota Jakarta dua pekan ini tidak menentu, suhu panas namun tiba-tiba turun hujan deras. Ini disebabkan masa pancaroba atau transisi dari musim kemarau ke musim hujan. Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofiosika, prakiraan cuaca pada Oktober 2017 ini mulai memasuki musim hujan.

Menyambut musim penghujan, warga Ibukota dan perangkat pemerintahan harus siaga menghadapi dampak dari intensitas hujan yang tinggi. Selain banjir, dampak lainnya yang wajib diantisipasi sejak dini yaitu berbagai penyakit yang ditimbulkan, salah satunya Demam Berdarah Dangue (DBD).

DBD rentan mewabah saat musim hujan karena banyaknya genangan. Bahkan di dalam rumah pun ‘genangan’ air baik itu di bak mandi, tong air atau tempat lainnya bisa menjadi sarang jentik nyamuk Aedes Aegypti. Masyarakat jangan abai pada soal-soal kecil seperti ini.

Awal tahun 2016 lalu, wabah DBD di Jakarta termasuk pada kategori kejadian luar biasa (KLB). Semua rumah sakit di Ibukota baik milik pemerintah maupun swasta dipenuhi pasien demam berdarah bahkan hingga di selasar rumah sakit. Namun pada kuartal pertama 2017, lima wilayah DKI mengklaim angka penderita menurun signifikan.

Jakarta Selatan misalnya, menduduki urutan ketiga dari 2.264 kasus menjadi 333 kasus. Di wilayah Jakarta Pusat, saat dua kecamatan yaitu Johar Baru dan Menteng masuk kategori tinggi kasus DBD hingga aparat kecamatan diminta meningkatkan kewaspadaan.

Mengantisipasi mewabahnya DBD seperti pada tahun lalu, semua komponen harus siaga sejak dini. Tindakan preventif melalui program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) door to door melibatkan kader jumantik maupun petugas puskemas dituntut lebih giat lagi.

Oleh karena itu kesadaran masyarakat perlu diketuk supaya bersiap-siap menghadapi musim hujan. Warga perlu perlu diingatkan agar giat menjaga kebersihan lingkungan guna mencegah mewabahnya DBD. Karena gerakan PSN lebih efektif ketimbang fogging (penyemprotan). **