Tuesday, 25 September 2018

Dengan Anggara Rp 8 Miliar

Pemkot Bekasi Akhirnya Menata Curug Parigi

Rabu, 4 Oktober 2017 — 6:29 WIB
Seorang warga tengah meninkmati pemandangan di Curug Parigi Bantargebang. (chotim)

Seorang warga tengah meninkmati pemandangan di Curug Parigi Bantargebang. (chotim)

BEKASI (Pos Kota) – Setelah lama dibiarkan tidak terawat akhirnya kawasan wisata Curug Parigi, di Bantargebang, Kota Bekasi, Jawa Barat bakal diperbaiki. Pemkot Bekasi bahkan sudah menganggarkan Rp 8 miliar untuk penataan parkir dan sarana penunjang lainnya. Tentunya membersihkan sungai itu dari sampah sehingga curugnya semakin indah dipandang mata.

Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi, Ahmad Zarkasih menyebutkan penataan akan dilakukan untuk lahan parkir, dua menara pandang, jembatan dan fasilitas lainnya. Termasuk juga pembangunan musola untuk pengunjung yang hendak salat.

Disebutkan, penataan curug sudah dilakukan sesuai studi kelayakan dengan DED (Detail Engineering Design). “Kajiannya sudah dilakukan,” kata Zarkasih.

Sesuai kajian juga menyebutkan jika kawasan tersebut wisata air terjun mini tersebut layak dijadikan wisata alam. Terlebih Kota Bekasi belum memiliki wisata yang memadai.

“Nanti akan kita kembangkan sebagai potensi destinasi wisata,” katanya.

Curug Parigi memang sudah lama diinginkan warga menjadi destinasi wisata. Warga mendesak agar sarana dan prasana dilengkapi.

Hanya saja, kawasan yang mengandalkan Kali Bekasi ini sering terganggu dengan kondisi air sungai yang sering tercemar. Bahkan, jika kondisi hujan kawasan ini tidak bisa dinikmati karena air meluap.

Selain itu, masalah sampah yang terbawa dari Kali Ciulengsi juga menjadi kendala. Sampah berupa plastik dan kayu ini sering mengotori kali yang menjadi andalan wisata. (chotim)