Thursday, 23 November 2017

Jokowi: Politik TNI Adalah Politik Negara

Kamis, 5 Oktober 2017 — 9:45 WIB
Presiden Jokowi memeriksa pasukan upacara HUT TNI.(rihadin)

Presiden Jokowi memeriksa pasukan upacara HUT TNI.(rihadin)

CILEGON (Pos Kota) – Presiden Joko Widodo mengingatkan pesan Jenderal Sudirman bahwa politik TNI adalah politik negara. Hal itu disampaikan dalam amanatnya pada peringatan HUT ke-72 TNI di Dermaga Indah Kiat, Cilegon, Provinsi Banten, Kamis (5/10/2017).

“Saya ingat pesan Jenderal Sudirman tentang jati diri TNI yang saya yakin sangat relevan sampai sekarang. Bahwa politik tentara politik negara, politik TNI adalah politik negara. Loyalitas TNI adalah loyalitas negara,” ujar Jokowi.

Jokowi berharap TNI menjadi angkatan bersenjata yang dapat disegani. Tak hanya tingkat nasional, namun di tingkat Asia.

“Dengan penuh rasa bangga kita saksikan nantinya kehebatan angkatan bersenjata kita di hadapan kita semua. Dengan penuh optimis saya katakan TNI akan jadi angkatan bersenjata yang makin disegani oleh negara lain yang jadi kekuatan besar di regional Asia,” kata Jokowi.

penyerahaan penghargaanPresiden Jokowi menyerahkan penghargaan kepada prajurit.(rihadin)

Jokowi juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para prajurit TNI. Menurutnya, prajurit TNI sudah berkomitmen untuk menjaga keutuhan NKRI.

“Terima kasih komitmen komitmen TNI memegang teguh sumpah komitmen. Terima kasih untuk dedikasi menjalankan tugas berat penuh risiko, terima kasih peran sentral TNI menjaga NKRI, Pancasila, dan kewibawaan negara,” tuturnya.

(rizal/rihadin/haryono/sir)