Sunday, 16 December 2018

Piara Buaya, Lutung Jawa dan Elang Bondol, Pria Tua Terancam Lima Tahun Penjara

Kamis, 5 Oktober 2017 — 17:06 WIB
Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Asep Adiaputra di rumah tersangka Jalan KH Dewantara Cikarang Utara Kamis (6/10/2017).(Tri)

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Asep Adiaputra di rumah tersangka Jalan KH Dewantara Cikarang Utara Kamis (6/10/2017).(Tri)

BEKASI (Pos Kota) – Pemilik toko obat Tms (60), terancam hukuman 5 tahun penjara karena memelihara dua ekor buaya muara, lutung Jawa dan elang bondol.

Pria tua ini  dikenakan pasal 40 ayat 2 Jo Pasal 21ayat 2 huruf a UU RI no. 5 TH 1990 tentang Kasus Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem.

“Saudara Tms ini memiliki hewan yang dilindungi dan tidak boleh dipelihara kecuali dia merupakan lembaga konservasi atau badan penelitian. Dia dikenai pasal tersebut dengan ancaman kurungan penjara 5 tahun dan denda Rp100 juta,” kata Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Asep Adiaputra di rumah tersangka Jalan KH Dewantara Cikarang Utara Kamis (6/10/2017).

Buaya dirumah Tms sudah dipelihara selama 25 tahun, dirinya,  kata Kapolres, mendapat buaya dari  orang lain sedari kecil. Dahulu pelaku pernah mengurus izin,  namun tidak diberi lalu menyerahkan ke Kebun Binatang tidak mau diserahkan.

Dipelataran rumahnya,  hewan satwa tersebut dipelihara. Ada juga kuburan hewan anjing dan ular. “Jadi Pak Tms ini pecinta hewan. Namun hewan yang dilindungi, tidak boleh dipelihara. Tidak bisa dibayangkan bila hewan buas ini yang kandangnya dari kawat dan rantai jebol,  dan berkeliaran ditengah-tengah masyarakat.

“Masyarakat harus mengerti tentang undang-undang ini dan harus disosialisasikan, ” katanya. “Satwa ini harus kembali ke habitatnya yaitu alam. Seringkali konservasi memiliki syaratnya. Tidak boleh ditempat seperti ini,” kata Kapolres.

Tms kedapatan memelihara hewan yang dilindungi ketika dilakukan razia obat di tokonya yang menjual obat keras.

Sementara itu Kasi Konservasi BKSDA DKI Trustiadi mengatakan,  satwa-satwa ini diserahkan ke Pusat Penyelamatan Satwa di Tegal Alur. “Kami akan lihat apakah hewan ini akan dikembalikan ke habitatnya atau ke konservasi,” katanya.

Jakarta Animal Networ Ibe berapresiasi sekali mengamankan satwa yang dilindungi dimana lutung jawa yang masuk apendik 1 dan ada elang bondol yang sudah hampir punah. (lina/tri)