Wednesday, 19 June 2019

Dramatis Belgia Tekuk Bosnia 4-3 dan Lolos ke Rusia

Minggu, 8 Oktober 2017 — 6:25 WIB
Pemain-pemain Belgia rayakan kemenangan atas Bosnia (reuters)

Pemain-pemain Belgia rayakan kemenangan atas Bosnia (reuters)

BOSNIA– Dramatis Belgia mampu menang 4-3 atas tuan rumah Bosnia-Herzegovina dalam lanjutan kualifikasi Grup H Piala Dunia Rusia di Stadion Grbavica, Minggu (8/10/2017) dinihari WIB.

Bosnia mencetak gol lewat Medunjanin menit ke-30 gol Višća menit ke-39 dan gol Dumić menit ke-82. Sedangkan gol Belgia dicetak oleh Meunier menit keempat, M. Batshuayi menit ke-59 dan gol Vertonghen menit ke- 68 serta gol penentu oleh Carrasco menit ke-83.

Dengan hasil ini Belgia sudah pasti lolos ke Rusia tahun depan, sebab telah mengoleksi 25 sedangkan di posisi kedua ada Yunani dengan nilai 16 sementara Bosnia -Herzegovina berada di posisi ketiga dengan nilai 14.

Oleh karena itu apapun hasil laga terakhir tidak lagi berpengaruh kepada Belgia., Namun untuk posisi kedua masih ada persaingan sengit antara Yunani dan Bosnia.

Meski sudah memastikan diri lolos ke Rusia dengan status juara grup H, Belgia tetap datang membawa kekuatan penuh ke Sarajevo untuk menghadapi Bosnia-Herzegovina.

Nama besar seperti Eden Hazard, Kevin De Bruyne, Dries Mertens, Marouane Fellaini, hingga Thibaut Courtois menghiasi line-up.

Ketika laga baru berjalan empat menit Belgia sudah unggul. Hazard melepas umpan silang mendatar yang disambut tendangan keras Thomas Meunier untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Namun setelah gol cepat itu justru membuat Belgia kesulitan. Bosnia bahkan mampu membalas lewat Haris Medunjanin saat laga berjalan setengah jam lewat sontekan jarak dekat.

Tidak itu saja Bosnia malah berbalik unggul ketika lini belakang Belgia salah saat mengantisipasi tendangan gawang Asmir Begovic dimanfaatkan Edin Visca untuk menutup paruh pertama dengan keunggulan tuan rumah 2-1.

Pada babak kedua, Belgia kembali melakukan serangan dengan gencar. Pada menit ke-59, Mitchy Batshuayi sukses menyamakan kedudukan setelah menyambar bola yang tidak lengket di tangan Begovic.

Lalu Belgia menit ke-68 setelah Jan Vertonghen memanfaatkan kemelut di depan gawang Bosnia.

Laga makin seru ketika tuan rumah membalas sehingga kedudukan 3-3 ketika tandukan Dario Dumic memanfaatkan tendangan penjuru pada menit ke-82.

Sayang, mereka tidak mampu meredam agresivitas yang dimiliki skuat asuhan Roberto Martinez. Hanya satu menit berselang, Belgia berhasil mencetak gol ke-empat di laga ini melalui kaki Yannick Carrasco.

Hasil ini membuat Belgia tetap kukuh di puncak grup H, meski kekalahan juga tidak menggoyang posisi mereka. Sementara Bosnia terancam terlempar dari zona play-off, menunggu hasil pertandingan antara Yunani – yang hanya terpaut satu angka – dan Siprus.(B)