Monday, 23 October 2017

Jack Ma Mengaku Sulit Gunakan Uangnya yang Puluhan Miliar Dolar

Minggu, 8 Oktober 2017 — 13:35 WIB
Jack Ma, Miliarder Tiongkok.(Ist)

Jack Ma, Miliarder Tiongkok.(Ist)

TIONGKOK – Miliarder asal China (Tiongkok) Jack Ma, mengaku kesulitan memanfaatkan atau menggunakan hartanya yang mencapai   38,9 miliar dolar AS.

Seperti  dikutip dari Blomberg,  Sabtu (7/10/2017), Jack Ma menuturkan tidak memiliki cukup waktu untuk menghabiskannya uang yang dimiliki.

“Aku tak punya waktu untuk menghabis-habiskan uang,” ungkap Jack Ma.

Padahal dengan kekayaan yang begitu besar, Jack Ma pasti dengan mudah bisa menghambur-hamburkan uang miliknya. Saat ditanya kembali mengapa ia tidak memiliki waktu untuk menghabiskan uangnya, bos Alibaba Group ini justru bertanya balik tentang berapa banyak uang yang bisa dihabiskan seseorang dalam hidupnya.

“Orang bilang, Jack, kamu bisa mengeluarkan uang lebih baik dari pemerintah, lebih baik dari orang lain, jadi kamu punya semua asetnya. Bagaimana kamu bisa menghabiskan lebih baik?” katanya.

“Tapi saya tidak menjawab. Saya bertanya, berapa banyak uang yang bisa dihabiskan dalam hidup Anda?” lanjut Jack Ma.

Miliarder satu ini menegaskan kesuksesan seseorang tidak selamanya diukur dari jumlah uang yang dimiliki. Salah satu indikator kesuksesan adalah seberapa besar pengaruh yang bisa Anda torehkan di lingkungan.

Hal ini sejalan dengan perkataannya saat menjadi pembicara di di acara She Era Alibaba Group Global on Women and Entrepreneurship di Hangzhou International Expo, Hangzhou, Zhejiang, China.

Jack Ma mengatakan, untuk bisa sukses, orang harus menciptakan peluang, menjemput dan memanfaatkannya sebaik mungkin.

“Jika Anda ingin menjalankan bisnis, jangan tunggu. (Peluang) harus buat sendiri,” kata Jack Ma.

Seperti diketahui, Alibaba didirikan Jack Ma bersama kawan-kawannya pada 1999 atau sekitar 18 tahun yang lalu. Dahulu, Jack Ma memulai usahanya tersebut di sebuah apartemen, bukan di komplek perkantoran megah seluas 290 ribu meter persegi seperti sekarang.

Namun kini, Jack Ma kini masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia versi Forbes. Pria satu ini tidak menggapai kesuksesannya dengan mudah.

Sebelum menjadi orang yang sukses, Jack Ma pernah ditolak puluhan kali masuk perusahaan dan Harvard University. Mantan dosen bahasa Inggris ini juga pernah gagal jadi polisi dan ditolak bekerja di KFC.(Tri)