Tuesday, 25 September 2018

Susah Payah Tekuk Andorra 0-2, Portugal Buka Peluang ke Piala Dunia Rusia

Minggu, 8 Oktober 2017 — 5:58 WIB
Ronaldo kembali jadi penentu kemenangan Portugal (reuters)

Ronaldo kembali jadi penentu kemenangan Portugal (reuters)

ANDORRA – Susah payah Portugal mengalahkan tuan rumah Andorra 2-0 dalam lanjutan kualifikasi Grup B Piala Dunia Rusia pada laga yang dihelat di Estadi Nacional, Munggu (8/10/2017) dinihari WIB.

Dengan kemenangan ini Portugal masih berada di posisi kedua dengan nilai 24 sedangkandi posisi puncak ada Swiss dengan mengemas 27 poin.

Dengan demikian Portugal masih harus menunggu laga terakhir untuk menentukan lolos secara otomatis ke Rusia tahun depan. Meski demikian Ronaldo Cs sudah mengantongi babak play off jika harus berada di posisi kedua.

Sebetulnya posisi ini sebagai Juara Eropa tidak baik bagi Portugal yang sebetulnya berada di grup yang tidak terlalu berat. Namun karena pernah kalah sekali membuat mereka harus terseok-seok ketika beberapa negara sudah memastikan lolos seperti Inggris dan Spanyol.

Kemenangan Portugal tidak diraih dengan mudah. Baru setelah Ronaldo masuk maka berhasil unggul pada menit ke-63 lalu disusul oleh gol Andre Silva menit ke-86,
Ronaldo, memang sengaja disimpan di bangku cadangan karena terancam hukuman akumulasi kartu kuning.Pelatih timnas Portugal Fernando Santos enggan mengambil risiko dan ingin menyimpannya untuk laga terakhir yang krusial kontra Swiss, Selasa (10/10).

Akan tetapi, setelah timnya gagal mencetak gol di babak pertama, Santos pada akhirnya memainkan pemain bintangnya itu.

Putusan pelatih Portugal itu tetap sehingga timnya akhirnya bisa mencetak gol di babak kedua. Ronaldo, masuk menggantikan Gelson Martins .
Pemain Real Madrid ini langsung mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Joao Mario yang sempat dan sukses membobol gawang tuan rumah.

Gol tersebut menjadi yang ke-15 bagi Ronaldo di babak kualifikasi, ia sukses menyamai perolehan gol penyerang Polandia Robert Lewandowski.

Andre Silva yang sukses menambah keunggulan pada menit ke-86 sekaligus memastikan kemenangan timnya. Berawal dari umpan silang Ronaldo di sayap kiri, bola kemudian disundul oleh Danilo Pareira sehingga mengarah ke Andre Silva. Penyerang AC Milan itu pun langsung melepaskan tendangan dari jarak dekat untuk menjebol gawang lawan.

Swiss kini masih mempertahankan posisinya di puncak klasemen Grup B setelah berhasil meraih kemenangan 5-2 atas Hungaria. Portugal, yang sudah mengamankan posisi play-off, wajib menaklukkan Swiss di Lisbon pada laga terakhir agar bisa lolos secara otomatis sebagai juara Grup B. Jika seri apalagi kalah maka harus lewat play off menuju Rusia. (B)