Monday, 23 October 2017

Pantangan Makanan Bagi Penderita Diabetes

Senin, 9 Oktober 2017 — 10:52 WIB
Contoh makanan cepat saji.(Ist)

Contoh makanan cepat saji.(Ist)

PENDERITA diabetes disarankan tidak sembarang mengkonsumsi makanan, agar kadar gula darahnya tidak naik. Penderita disarankan  mengetahui makanan apa saja yang menjadi pantangan.

Jangan sampai Anda tidak mengetahui dan justru mengkonsumsi makanan pantangan berlebihan. Hal ini bisa memicu penyakit diabetes Anda menjadi kambuh.

Berikut sejumlah makanan yang dipantang bagi penderita diabetes.

Makanan yang digoreng

Makanan yang diolah dengan cara digoreng tentu saja sangat enak. Selain rasanya yang gurih, tekstur makanan yang digoreng juga crispy.

Tapi tahukah Anda jika makanan yang diolah dengan cara digoreng justru bisa memperparah penyakit diabetes yang Anda derita?

Makanan yang digoreng mengandung kadar lemak dan kolesterol yang sangat tinggi. Sehingga bisa memicu kambuhnya penyakit diabetes. Jika memang suka dengan gorengan, gorenglah dengan minyak olive dan jangan gunakan minyak goreng bekas.

Alkohol

Alkohol juga menjadi pemicu penyakit diabetes. Bagaimana tidak, alkohol mengandung gula yang kadarnya sangat tinggi. Jika Anda mengkonsumsinya, tentu saja dengan memicu kematian akibat diabetes.

Selain itu,  sudah sejak lama dikatakan jika alkohol tidak baik untuk kesehatan. Dampak mengkonsumsi alkohol secara terus menerus selain diabetes adalah kanker hati. Jadi mulai sekarang ada baiknya Anda tinggalkan konsumsi alkohol untuk kesehatan tubuh yang lebih baik.

Makanan cepat saji

Jika Anda tidak ingin repot dalam mengolah makanan, biasanya jalan keluarnya adalah dengan memesan makanan cepat saji. Memang rasanya sangat enak dan bisa dihidangkan dalam waktu yang singkat.

Akan tetapi tahukah Anda jika makanan cepat saji mengandung beberapa zat yang tak baik untuk penderita diabetes? Berikut ini adalah beberapa zat yang terkandung dalam makanan cepat saji:

  1. Gula sudah mesti bisa dengan mudah dijumpai pada makanan cepat saji. Kadarnya juga bisa tinggi dan bisa memicu diabetes untuk kambuh. Gula ini bisa ditemukan pada soda yang tersaji pada restoran fast food.
  2. Garam juga sudah pasti terkandung pada makanan cepat saji. Makanan yang terlalu banyak mengandung garam ini ternyata bisa memicu komplikasi darah tinggi pada penderita diabetes. Garam yang tinggi ini biasa ditemukan pada makanan yang disajikan.
  3. Kolesterol sudah pasti pada makanan cepat saji yang Anda konsumsi. Bagaimana tidak, hampir seluruh makanan cepat saji yang Anda konsumsi diolah dengan cara digoreng. Jadi secara otomatis dapat memicu naiknya kolesterol dalam tubuh. Kolesterol itulah yang bisa memicu komplikasi penyakit berbahaya lainnya.

Selain mengkonsumsi makanan yang baik untuk penderita diabetes, Anda juga harus menerapkan gaya hidup yang sehat. Rajin berolah raga adalah salah satu kegiatan yang bisa Anda lakukan.

Tak perlu olahraga yang berat. Cukup dengan jogging saja Anda sudah bisa membakar sedikit lemak yang terkandung dalam tubuh.

Jika membakar lemak sedikit demi sedikit tentu bisa mengurangi resiko diabetes yang mungkin saja bisa terjadi kepada Anda.(Tri)