Thursday, 22 November 2018

Ini Kata Anies Soal Pencabutan Moratorium Reklamasi

Selasa, 10 Oktober 2017 — 16:43 WIB
Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta terpilih. (ikbal)

Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta terpilih. (ikbal)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan mengaku tidak ada kebijakan dan program kerja yang disampaikan saat kampanye, yang berubah hingga saat ini. Menurut Anies, hal ini juga terkait dengan reklamasi Teluk Jakarta.

Saat kampanye Pilkada DKI, Anies dan Sandiaga Uno bersuara keras menolak proyek reklamasi. “Lho kok ditanya, anda lihat program kita. apakah ada yang berubah dari program?” tegas Anies di Gedung DPRD DKI Jakarta, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2017).

Diketahui, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman mencabut moratorium atau penghentian reklamasi Teluk Jakarta sejak 5 Oktober 2017. Pemprov DKI Jakarta juga telah menerima surat pencabutan moratorium 17 pulau itu. Dengan pencabutan moratorium, proyek pulau buatan tersebut dipastikan berlanjut.

Hal ini berlawanan dengan program Anies-Sandi sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan di Jakarta. Saat dikonfirmasi kebijakan menolak reklamasi bertentangan dengan kebijakan pemerintah pusat, Anies enggan menjawab. Anies menyatakan segala urusan yang terkait program kerja akan dia jawab usai dirinya resmi dilantik pada 16 Oktober 2017.

“Pokoknya saya jawab reklamasi seusai tanggal 16 Oktober aja,” tandas Anies.

Pemprov DKI telah berkirim surat ke DPRD DKI agar melanjutkan dua raperda reklamasi yang sempat terhenti. Dua raperda tersebut adalah Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil (RZWP3K) dan raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta atau RTRKS Pantura. (ikbal/yp)