Friday, 20 October 2017

Jika Suami Mau Poligami Istri Juga Siap Poliandri

Selasa, 10 Oktober 2017 — 7:20 WIB
poliandri

SUMARNI, 50, gondok betul. Mentang-mentang dirinya sudah menua, Tarji, 55, suaminya mau poligami dengan bekas kekasihnya dulu. Maka dia gantian mengancam, jika Tarji benar-benar poligami, Sumarni juga siap poliandri. Jangan dikira nggak laku. Bekas kakasihnya dulu yang kini sudah menduda, juga siap menerima Sumarni apa adanya.

Kekasih lama memang susah dilupakan, sehingga ketika ada peluang di kemudian hari, banyak terjadi kisah-kisah CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali). Bila sama-sama sudah hidup sendiri, itu tak akan jadi masalah. Yang banyak terjadi, mengorbankan pasangan lama untuk menggapai pasangan baru. Padahal sebetulnya, baru atau lama rasanya sama saja. Yang beda kan sekedar semangatnya belaka.

Rumahtangga Sumarni-Tarji dibangun sudah 30 tahun lamanya. Dari kerjasama nirlaba itu telah lahir beberapa anak. Sampailah kemudian terjadi sebuah reuni sekolah SMA tempatnya Tarji dulu menimba ilmu. Di situ dia ketemu kekasihnya dulu, Lilik, 49, yang hingga kini masih hidup menyendiri alias gadis kadaluwarsa.

Gara-gara ketemu sidia, Tarji jadi bimbang pada keluarga sendiri. Dia ingin mengawini eks kekasihnya dulu, ketimbang Lilik jadi wastra lungsed ing sampiran (nganggur). Ternyata dia tidak keberatan. Dijadikan bini kedua siap saja, yang penting ada jaminan bonggol dan benggol.

Tarji pun bikin pemaparan tentang niatnya itu kepada istri tercinta. Ternyata Sumarni tidak mau dimadu. Enak saja cinta dibagi-bagi. Suami yang milik sendiri, bukan milik bersama seperti badan usaha. “Apa sampeyan mau mengorbankan anak-anak kita?” tantang istri.

Tarji menjamin bahwa mesti ada madu, kebutuhan materil maupun onderdil akan selalu dipenuhi secara baik dan bermartabat. Tapi Sumarni sudah tidak percaya pada mulut lelaki, meski itu suami sendiri. Bahkan dia gentian mengancam. Jika benar-benar jadi kawin lagi, Sumarni juga siap poliandri. Soalnya bekas kekasihnya dulu juga siap menampungnya. Kata mantan doi, biar sudah kepala 5 tapi masih pulen kayak getuk.

Ternyata Tarji tak takut ancaman istri. Buktinya dia diam-diam menikahi kekasihnya dulu secara siri meski tidak lewat Nikahsirri.com. Karena poliandri dilarang di wilayah hukum RI, maka Sumarni memilih cerai saja dengan suami, untuk kemudian bisa menikah dengan kekasihnya dulu. “Biar tua, saya masih STNK lho.” Kata Sumarni tanpa malu-malu.

Tapi BPKN dan fakurnya mana? (JPNN/Gunarso TS)