Tuesday, 25 September 2018

Lionel Messi akan Mundur dari Timnas Argentina

Selasa, 10 Oktober 2017 — 1:30 WIB
Lionel Messi (reuters)

Lionel Messi (reuters)

ARGENTINA– Kabar buruk terus menerpa Tim Nasional Argentina. Belum lagi mereka yang masih berjuang agar lolos ke Piala Dunia Rusia, sekarang timbul isu bahwa Lionel Messi, akan mundur dari Tim Tango.

Jika benar berarti kali kedua Messi mundur dari Timnas Argentina. Pasalnya ketika gagal membawa Argentina juara Piala Copa Amerika 2016 , Messi sudah mundur namun kemudian dia dibujuk agar kembali membela tim nasionalnya itu.,

Memang entah apa yang terjadi, ketika Messi membela Argentina selalu gagal. Dia belum pernah mempersembahkan juara kepada negaranya termasuk juara Copa Amerika.

Bahkan kini Argentina belum tentu lolos ke Piala Dunia Rusia tahun depan. Mereka masih berada di posisi keenam di kualifikasi zona Amerika Selatan. Padahal syarat untuk lolos otomatis adalah minimal peringkat keepat atau penghuni posisi kelima dengan syarat menang pada laga Play Off melawan Selandia Baru.

Argentina tinggal memiliki satu kesempatan yaitu menang melawan tuan rumah Ekuador akhir pekan ini.

Kini Argentina baru memiliki nilai 25 dari 17 kali laga dan jika menang melawan Ekuador makan nilainya akan menjadi 28 pada laga Rabu 11 Oktober nanti. Argentina bisa lolos jika saat bersamaan antara Cili dan Peru kalah atas lawan-lawannya.

Cili akan menghadapi Brasil sementara Peru menghadapi Kolombia yang kini berada di posisi keempat dengan nilai 26 sama dengan Cili.

Sebab sekarang Cili mengemas 26 angka berada di posisi ketiga sedangkan Peru dengan nilai 25 berada di posisi kelima. Peru berhak di posisi kelima karena menang selisih gol atas Argentina juga menang head to head. Pasalnya Peru mampu menang atas Argentina ketika jadi tuan rumah dan mampu menahan imbang saat bertandang ke markas Argentina.
Prestasi Messi di timnas memang bertolak belakang dengan di level klub. Jika bersama Barcelona dirinya sanggup merasakan semua trofi yang mungkin diraih, di Argentina La Pulga gagal persembahkan sebiji gelar pun.

Situasi itu semakin diperparah dengan kegagalan Messi antarkan Argentina juara di empat final berbeda. Dia gagal di final Copa America 2007, final Piala Dunia 2014, final Copa America 2015, dan terakhir di final Copa America Centenario 2016.

Sejak menorehkan caps pertama untuk Argentina pada 17 Agustus 2015, total Messi sudah gelontorkan 58 gol dan 42 assist dari 119 penampilan di semua ajang resmi.(B)