Saturday, 24 August 2019

Melalui Kuliah Akbar

Mahasiswa Diajak Melawan Radikalisme dan Intoleransi

Selasa, 10 Oktober 2017 — 13:31 WIB
Nurlela Ketua Steering Committee (SC). (yopi)

Nurlela Ketua Steering Committee (SC). (yopi)

BOGOR (Pos Kota) – Menangkal paham radikalisme dan intoleransi yang semakin kuat, civitas akademika perguruan tinggi se-Jawa Barat (Jabar) akan menggelar Kuliah Akbar Perguruan Tinggi Melawan Radikalisme dan Intoleransi secara serentak di tiap kabupaten/kota pada 28 Oktober 2017 mendatang.

Ketua Steering Committee (SC), Nurlela Kumaladewi mengatakan, kegiatan ini dilatarbelakangi paham radikalisme yang sudah memasuki sejumlah kalangan, terutamanya mahasiswa.

“Untuk menangkal (radikalisme) yang sudah sedemikian tinggi, dan terasa di lingkungan kampus, kami bersama-sama akan melawan hal tersebut,”kata Nurlela dalam jumpa pers kepada wartawan.

Menurut Nurlela,  radikalisme sangat terasa dengan sejumlah aksi teror yang terjadi di tanah air akhir-akhir ini.  Terlebih, beberapa aksi teror tersebut dilakukan oleh sosok yang berusia muda.

Nurlela memandang, aksi-aksi semacam itu dapat mempengaruhi anak-anak muda bertindak lebih radikal lagi.
“Yang paling terlihat saat melakukan penyerangan, namun efeknya luar biasa, dan bisa memengaruhi anak lebih radikal lagi. Ini kita lakukan sebagai antisipasi agar anak-anak kita tidak terpengaruh,” ujarnya.

Meski tidak menunjukkan contoh, secara garis besar Nurlela menyampaikan bahwa pihaknya memandang sikap intoleran mulai tampak di Indonesia, bukan hanya dikalangan dewasa bahkan anak-anak.

Karena itu, pihaknya tergerak untuk melakukan kegiatan ini dalam mencegah aksi intoleran di kalangan generasi muda. “Intoleran semakin parah, kalau kita biarkan akan semakin menakutkan,” tandas Nurlela. (yopi/tri)