Wednesday, 14 November 2018

Sementara Anies dan Sandi Masih Gunakan Mobil Dinas Gubernur Lama

Rabu, 11 Oktober 2017 — 15:52 WIB
Ini mobil dinas Gubernur  DKI yang pernah dipakai Ahok

Ini mobil dinas Gubernur DKI yang pernah dipakai Ahok

JAKARTA (Pos Kota) – Sejumlah rencana telah dipersiapkan menghadapi pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno. Dipastikan, pasangan pemenang Pilkada DKI Jakarta 2017 ini akan dilantik pada Senin (16/10/2017) pukul 16:00 di Istana Merdeka oleh Presiden Joko Widodo.

Setelah resmi menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies-Sandi dipastikan pula langsung menggunakan mobil dinas sebagai kendaraan operasionalnya. Kesempatan pertama menggunakan mobil dinas itu ada pada saat mereka bergeser dari Istana Negara usai pelantikan menuju ke Balaikota DKI Jakarta.

“Garis besarnya adalah Presiden melantik Anies di Istana. Setelah pelantikan di Istana, Anies-Sandi akan menuju Balaikota sudah menggunakan mobil dinas,” kata Tim Komunikasi Anies-Sandi, Naufal Firman Yursak, di Jalan Tirtayasa II, Nomor 12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (11/10/2017).

Lantas mobil apakah yang akan digunakan Anies-Sandi sebagai kendaraan dinasnya? Disinggung soal ini, Naufal belum dapat memberikan kepastian.

“Soal mobil dinas saya belum tahu, tapi kalau ingin memastikannya silakan tanya ke Pak Sekda,” pungkas Naufal.

Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH-KLN) Pemprov DKI Jakarta, Mawardi mengaku telah mengajukan pengadaan mobil dinas baru untuk Anies dan Sandi ke Badan Pengelola Aset Daerah (BPAD). “Mobil yang kami ajukan adalah Land Cruiser,” ujarnya.

Namun, ia menambahkan, untuk sementara, di hari pelantikan nanti, Anies dan Sandi dipersiapkan menggunakan mobil dinas yang ada. Yaitu yang pernah digunakan dua Gubernur dan Wakil Gubernur sebelumnya, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat.

“Sementara menggunakan kendaraan yang ada di kita, Pak Anies kami siapkan mobil Land Cruiser dengan nomor polisi B 1 DKI dan untuk Pak Sandi adalah mobil Lexus dengan nomor polisi B 3 DKI,” imbuhnya.

Selain mobil dinas, Mawardi pun mengaku telah menawarkan fasilitas rumah dinas kepada Anies dan Sandi. Namun, belum ada konfirmasi akankah pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 ini menempati rumah dinas.

“Rumah dinas untuk Gubernur itu ada di Taman Suropati dan rumah dinas untuk Wakil Gubernur ada di Jalan Denpasar. Saya belum dapat info apakah Pak Anies dan Pak Sandi akan menempati rumah dinas,” tuntas Mawardi.

Adapun, kehadiran Anies dan Sandi di Balaikota DKI Jakarta pada Senin petang mendatang rencananya adalah untuk melakukan serah terima jabatan dari Djarot Saiful Hidayat.
Masa jabatan Djarot Saiful Hidayat sebagai Gubenur berakhir pada 15 Oktober seiring dengan berakhirnya periode 2012-2017. Dalam kurun waktu lima tahun itu, Jakarta dipimpin tiga gubernur secara bergantian yakni Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. (julian)