Tuesday, 17 October 2017

BPJS Ketenagakerjaan Disosialisasikan di Pulogebang

Kamis, 12 Oktober 2017 — 22:05 WIB
Iwan Hardiman (kanan) menyerahkan penghargaan kepada Direktur RS Antam Medika, dr. Syafaruddin Balha. (Joko)

Iwan Hardiman (kanan) menyerahkan penghargaan kepada Direktur RS Antam Medika, dr. Syafaruddin Balha. (Joko)

JAKARTA (Pos Kota) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Jakarta – Pulogebang menyelenggarakan sosialisasi bersama dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Jakarta Timur. Kerja sama tersebut terkait dengan Koordinasi Pelayanan atau Coordination Of Services (COS).

Sosialisasi ini yang dipimpin Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Iwan Hardiman, dilaksanakan di RS Antam Medika Jakarta. “Tujuannya agar para tenaga kerja yang menjadi member kami bisa mendapatkan pelayanan kesehatan akibat sakit atau terjadi kecelakaan kerja,” ujar Iwan di RS Antam Medika, Jaktim, Kamis (12/10/2017).

Kedatangan Iwan dan Kepala Bidang Pelayanan BPJS Kesehatan Jakarta Timur dr. Zul Fitria disambut Direktur Utama RS Antam Medika dr. Syafaruddin Balha. “Kerja sama dengan mitra ini untuk mengantisipasi tidak terjaminnya perawatan dan pengobatan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang diduga mengalami Kecelakaan Kerja (KK) dan Penyakit Akibat Kerja (PAK),” jelas Iwan.

Pola kerjasama berupa penjaminan oleh BPJS Kesehatan kepada pihak rumah sakit untuk mengantisipasi tidak terjaminnya perawatan dan pengobatan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang diduga mengalami Kecelakaan Kerja (KK) dan Penyakit Akibat Kerja (PAK). “Selain itu BPJS Ketenagakerjaan juga berkomitmen untuk terus menggalakkan program Return To Work (RTW) untuk tenaga kerja yang mengalami kecacatan,” tambah Iwan.

“Kami yakin sinergi ini akan terus ditingkatkan. Harapannya peserta BPJS Ketenagakerjaan yang juga merupakan peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan benefit pelayanan yang sesuai dengan haknya,” ujar Iwan Hardiman.

Di kesempatan yang sama BPJS Ketenagakerjaan Jakarta – Pulo Gebang juga memberikan penghargaan kepada RS Antam Medika Jakarta dan Puskesmas Kecamatan Cakung sebagai fasilitas kesehatan dengan pelayanan terbaik di wilayah pelayanan Kantor Cabang Jakarta – Pulo Gebang tahun 2017.

Direktur RS Antam Medika Syafaruddin menambahkan selama ini pihaknya telah menerima kurang lebih 250 kasus kecelakaan kerja sepanjang tahun 2017 dan total klaim mencapai Rp 2,5 miliar. “Sedangkan Puskesmas Kecamatan Cakung telah menyajikan pelayanan yang unggul kepada peserta yang mengalami kecelakaan kerja sebagai primary health care di wilayah Jakarta Timur dan sekitarnya,” timpal Iwan. (joko/yp)