Monday, 23 October 2017

Dinilai Tim Lomba, Pemdes Margamulya Serius Wujudkan Kebersihan

Kamis, 12 Oktober 2017 — 10:50 WIB
Tim penilai lomba tingkat kabupaten. (taryani)

Tim penilai lomba tingkat kabupaten. (taryani)

INDRAMAYU (Pos Kota) – Guna mewujudkan kebersihan, Pemerintah Desa (Pemdes) Margamulya, Kecamatan Bongas, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat mempunyai kendaraan bermotor roda tiga yang biasa disebut gerandong untuk mengangkut sampah dari TPS ke TPA serta Pemdes itu memiliki mesin daur ulang sampah plastik.

Limbah plastik yang dibuang dikumpulkan untuk didaur ulang menggunakan mesin daur ulang sampah, sehingga bisa bermanfaat kembali. “Dalam satu hari mesin daur ulang sampah ini mampu mendaur ulang 5 kwintal sampah plastik menjadi biji dan papan plastik. Untuk mengolah plastik sebanyak itu diperlukan solar sebanyak 5 sampai 7 liter,” jelas Kepala Desa (Kuwu) Margamulya Jeni Eryudin, Rabu (11/10) di halaman Balai Desa Margamulya.

Upaya memelihara kebersihan dilakukan Pemdes semenjak Jeni Eryudin dilantik sebagai Kepala Desa atau Kuwu tahun 2015. Karena di sini ada 5 Blok perkampungan maka kegiatan kebersihan pun dilaksanakan secara bergiliran. Hari Senin di Blok Segeran. Selasa di Blok Asinan. Rabu di Blok Gebang Mampang. Kamis di Blok Tirtamulya. Jum’at kembali di Blok Gebang Mampang dan Sabtu di Blok Tundagan.

Aktivitas kebersihan di 5 Blok itu dilakukan bersama Ibu-ibu, Para Pemuda dan Tokoh Agama dengan mendapat pembinaan dari Kuwu beserta Pamong Desa, LPM, Mitra Cai, Ulu-ulu, Kepala Dusun dan para Ketua RT. Tempat-tempat yang mendapat perhatian pada gerakan kebersihan itu adalah lingkungan perkampungan, seperti; halaman rumah, jalan raya, got-got saluran pembuangan air, saluran irigasi tersier dan lainnya.

“Untuk melancarkan aktivitas kebersihan maka di seluruh wilayah desa dibentuk kader kebersihan yang personilnya 25 orang, yaitu; 5 orang dari setiap Blok. Mereka mempunyai seragam kaos lengan panjang warna hijau dan kuning serta memiliki slogan SIHLIMA ( Kebersihan Lingkungan Margamulya), ungkapnya.

Gerakan Kebersihan di Desa Margamulya pada Rabu (11/10) dinilai Tim Kebersihan Kabupaten Indramayu yang beranggotakan 3 orang, yaitu; Saekhu Kujaeri dari Kantor Dinas Lingkungan Hidup, Wahyudi,SP dari Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat dan Wahyurini dari Dinas Kesehatan. Kedatangan Tim Penilai Kabupaten ke desa ini didampingi Tim Kecamatan terdiri dari Kasi Trantib H.Rasim dan Kasi PMD Ruyanto,SE.

Tim Penilai mengadakan peninjauan terhadap pemukiman, drainase atau saluran pembuangan air, saluran irigasi tersier, jalan raya, sekolah-sekolah, perkantoran, TPS, TPA, serta melihat langsung kendaraan pengangkut sampah dan mesin daur ulang plastik sebagai mesin unggulan dalam mewujudkan kebersihan di Desa Margamulya.

Setelah meninjau kebersihan di lingkungan Kantor Kecamatan Bongas dan Desa Margamulya, Tim Penilai Kebersihan Kabupaten Indramayu meneruskan penilaian ke desa-desa lainnya di Kecamatan Bongas.
(taryani/sir)