Monday, 19 November 2018

Hari Ini, Baju Dinas untuk Anies Baswedan Diserahkan Penjahitnya

Kamis, 12 Oktober 2017 — 6:27 WIB
Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan saat pengukuran badan untuk menjahit baju dinas gubernur DKI Jakarta di kediamanya. (ist)

Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan saat pengukuran badan untuk menjahit baju dinas gubernur DKI Jakarta di kediamanya. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Dalam hitungan hari, Anies Baswedan akan dilantik menjadi Gubernur DKI Jakarta. Pelantikan akan dilakukan di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Oktober 2017. Persiapan sudah dilakukan Anies, termasuk untuk urusan pakaian.

Pakaian dinas Anies secara keseluruhan sudah selesai dibuat oleh Chiu Tailor. Thio Ahmad Hendra, sang penjahit pakaian dinas mengatakan tiga stel pakaian dinas sudah diselesaikan semua, yakni satu stel pakaian dinas upacara dan dua stel pakaian dinas harian.

“Sekarang pakaian sudah jadi semua. Besok akan diserahkan ke Pak Anies,” kata Hendra kepada Poskotanews, Rabu (11/10/2017).

Untuk mengerjakan pakaian dinas Anies, Hendra mengaku dibantu beberapa pekerjanya. Dikatakan Hendra, ada pekerja yang khusus menangani celana, kemeja dan pakaian dinas upacara sendiri.

“Dibantu pekerja untuk ngerjain celana sendiri, kemeja sendiri, sama PDU sendiri,” imbuhnya.

(Baca: Ini Cerita Penjahjit Baju Dinas Anies Baswedan)

Proses pengerjaan sendiri dilakukan mulai dari 20 September lalu. Proses pengukuran badan dilakukan di kediaman Anies di Cilandak, Jakarta Selatan. Menurut Hendra, tidak ada permintaan khusus dari Anies untuk mengerjakan pakaian dinasnya.

(Baca: Segini Upah Penjahit yang Bikin Pakaian Dinas Gubernur untuk Anies)

“Jadi setelah diukur, kemudian prosesnya fitting, ngepas pakaian. Kalau misal kebesaran bisa dikecilin, dipas-pasin. Kalau sekarang sudah selesai. Semoga Pak Anies cocok,” tandas Hendra.

Hendra menjahit pakaian dinas gubernur atas permintaan dari Biro Kepala Daerah dan Kerjasama Luar Negeri (KDH dan KLN) Provinsi DKI Jakarta. Hendra mangku hanya mendapatkan upah menjahit dari Pemprov, sedangkan bahan pakaian sudah ditentukan. Penjahitan baju seragam dinas PDU yang akan dikenakan saat pelantikan biayanya Rp3 juta sedang baju seragam PDH Rp600 ribu. (ikbal/yp)