Monday, 20 November 2017

KPK Perpanjang Larangan Pergi ke Luar Negeri Istri Andi Narogong

Kamis, 12 Oktober 2017 — 21:26 WIB
Juru bicara KPK, Febri Diansyah

Juru bicara KPK, Febri Diansyah

JAKARTA (Pos Kota) – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Ditjen Imigrasi Kemenkumham memperpanjang masa pencegahan ke luar negeri Inayah, istri terdakwa kasus KTP-el Andi Agustinus atau Andi Narogong, dan pihak swasta, Raden Gede.

“Dalam proses penyidikan kasus KTP Elektronik dengan tersangka ASS, KPK mengirimkan pada Imigrasi tentang pencegahan ke luar negeri terhadap Inayah dan Raden Gede terhitung sejak 4 Oktober 2017 untuk 6 bulan ke depan,” kata Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, Kamis (12/10/2017).

Inayah dan Raden Gede sebelumnya pernah pula dicegah ke luar negeri saat penyidikan terhadap tersangka Andi Narogong. Kedua saksi KTP-El ini pun pernah digeledah rumahnya dan penyidik menyita sejumlah dokumen hingga mobil mewah diduga berkaitan dengan megakorupsi yang ditaksir merugikan negara hampir sebesar Rp3 triliun itu.

Menurut Febri, tindakan pencegahan bepergian ke luar negeri dilakukan berdasarkan Pasal 12 ayat (1) huruf b Undang-Undang KPK. “Penyidik membutuhkan keterangan para saksi tersebut dalam penyidikan ini dan jika dibutuhkan yang bersangkutan tidak sedang berada di luar negeri,” imbuhnya. (julian/yp)