Monday, 23 October 2017

Mengapa Memakai Sepatu Tanpa Kaus Kaki Bisa Berdampak Buruk pada Kesehatan?

Kamis, 12 Oktober 2017 — 1:45 WIB
sepatu

INI bukan sekadar urusan kaki mengeluarkan bau menyengat yang khas itu: ada yang jauh lebih mengancam kalau Anda bersepatu tanpa kaus kaki.

Lembaga yang menangani kesehatan kaki, College of Podiatry mengatakan infeksi jamur meningkat di kalangan pria muda karena tren memakai sepatu tanpa kaus kaki.

Podiatrist atau ahli yang menangani kesehatan kaki, Emma Stephenson menyebutkan makin banyak pria berusia 18-25 tahun yang memiliki masalah terkait mengenakan sepatu tanpa kaus kaki dan sepatu yang tidak pas.

Tampil dengan sepatu tanpa kaus kaki sangat populer di kalangan selebritis yang tampil di karpet merah.

Penyanyi Sam Smith misalnya kerap terlihat memamerkan “mankle” nya, gaya pria yang memakai sepatu tanpa mengenakan kaus kaki sehingga mata kakinya terlihat.

Memakai sepatu hak pendek atau brogues dan sepatu olahraga tanpa kaus kaki adalah pemandangan umum para model yang terlihat di catwalk dan majalah fesyen.

Penyanyi rap Tinie Tempah memenangkan berbagai penghargaan di bidang gaya dan biasanya dia duduk di barisan depan dalam acara London Fashion Week.

Musisi itu sering terlihat menghadiri acara-acara tanpa mengenakan kaus kaki, tapi apakah dia tahu dampaknya terhadap kesehatan?

“Rata-rata kaki berkeringat sekitar setengah hari,” kata Emma Stephenson kepada Newsbeat.

“Suhu dalam sepatu yang terlalu lembab ataupun terlalu hangat bisa menyebabkan infeksi jamur seperti yang terjadi pada kaki para atlet.”

Dan menurut Emma, akibatnya bisa sangat tidak menyenangkan.

“Salah satu akibat terburuk yang pernah saya lihat diderita, seorang pria berusia 19 tahun yang bekerja di tempat pencucian mobil. Kakinya sangat berkeringat dan mengelupas.”

Tentu saja, dibutuhkan orang yang berani untuk memberitahu seseorang seperti juara UFC Conor McGregor, bahwa dia mungkin menderita sejumlah masalah di kaki berkaitan dengan jamur saat dia tidak bertanding.

Tapi jika Anda masih ingin tetap bepergian dengan sepatu tanpa kaus kaki, berikut adalah tiga tips praktis dari Emma.

Sederhana saja. Cobalah untuk sedapat mungkin membatasi penggunaan sepatu tanpa kaus kaki.

Semprotkan beberapa antiperspirant di telapak kaki Anda sebelum memakai sepatu.

Waspadalah terhadap bagian kaki yang mulai terasa sakit dan segera pergi ke dokter. (BBC)