Monday, 23 October 2017

Pemilihan Serentak! Desa Sukajati Punya Lima Calon Kuwu

Kamis, 12 Oktober 2017 — 10:44 WIB
Ketua Panitia Pemilihan Kuwu H.Karmin. (taryani)

Ketua Panitia Pemilihan Kuwu H.Karmin. (taryani)

INDRAMAYU (Pos Kota) – Pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Kuwu) di 138 Desa di seluruh Kabupaten Indramayu, Jawa Barat,  bakal digelar serentak bulan Desember 2017.

Salah satu desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa atau Pemilihan Kuwu yaitu Desa Sukajati, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Desa itu kini tengah sibuk melaksanakan tahapan-tahapan kegiatan Pilkades (Pilwu).

Salah satu tahapan kegiatan Pilkades yang baru saja dilaksanakan Panitia Pemilihan Kuwu (Panpilwu) Desa Sukajati yakni; penetapan Bakal Calon Kuwu (Cawu) menjadi Calon Kuwu (Cawu) yang berhak sebagai peserta mengikuti Pilkades.

Penetapan Cawu dibacakan Ketua Panpilwu H.Karmin setelah 8 orang balon Kuwu mengikuti Seleksi Aminitrasi dan Seleksi Akademik yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu bekerja sama dengan Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Indramayu.

Seleksi 8 Balon Kuwu itu dilakukan sesuai bunyi Perda Kabupaten Indramayu yang menegaskan, apabila jumlah Balon Kuwu di satu desa melebihi 5 orang maka dilakukan seleksi untuk meloloskan maksimal 5 orang Balon Kuwu.

Desa Sukajati, Kecamatan Haurgeulis, Kabupaten Indramayu kata Ketua Panpilwu H.Karmin memiliki 8 orang Balon Kuwu, sehingga mereka mengikuti seleksi. Hasil seleksi 8 Balon Kuwu sudah dilakukan. Jumlah Balon Kuwu yang dinyatakan lolos seleksi kini hanya 5 orang. Sedangkan 3 orang Balon Kuwu lainnya dinyatakan gugur. 5 Balon Kuwu yang lolos seleksi itulah kemudian ditetapkan Panpilwu Desa Sukajati menjadi Calon Kuwu (Cawu) sebegai peserta Pilkades.

Ke-5 Cawu itu ; Karta,SE. R.Daniar AS. Suhaya Purboyo. Darmin dan Agus Triono. Penetapan Cawu di kantor Desa Sukajati dihadiri Camat Haurgeulis Asep Kusdianti beserta Muspika Kecamatan Haurgeulis. Para Tokoh Masyarakat, para Cawu, Ketua dan Anggota Panpilwu Desa Sukajati termasuk Perangkat Desa dan para pendukung Cawu.

Menurut Ketua Panpilwu Desa Sukajati H.Karmin, setelah melalui tahapan-tahapan kegiatan Pilwu, sesuai dengan aturan, ditetapkan 5 orang Calon Kuwu (Cawu). “Kepada 5 Cawu ini kami berharap agar dalam pelaksanaan Pilwu selalu mengutamakan ketertiban dan keamanan,” katanya.

Camat Haurgeulis Asep Kusdianti mengemukakan, pihaknya merasa tidak mempunyai beban dalam pelaksanaan Pilwu Serentak bulan Desember 2017 ini.

“Kami akan bertindak seobyektip mungkin. Jangan ada campur tangan di antara kita. Semuanya kita serahkan ke Panpilwu,” ujarnya.

(taryani/sir)