Friday, 16 November 2018

Sempat Fose Jurus Bangau Terbang

Usai Fitting Pakaian Dinas, Ini Gaya Anies-Sandi Saat Pemotretan

Kamis, 12 Oktober 2017 — 12:59 WIB
Anies-Sandi saat  fitting pakaian dinas Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta beberapa hari lalu.  (julian)

Anies-Sandi saat fitting pakaian dinas Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta beberapa hari lalu. (julian)

JAKARTA (Pos Kota) – Gubernur dan Wakil Gubernur DKI terpilih, Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Salahuddin Uno melakukan fitting pakaian dinas, di salah satu rumah posko pemenangan mereka, di Jalan Tirtayasa II No. 12, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/10/2017).

Fitting atau pengepasan pakaian dinas ini merupakan bagian dari persiapan menjelang pelantikan mereka sebagai pimpinan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta periode 2017-2022 di Istana Negara oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (16/10/2017) mendatang.

Selain fitting pakaian dinas, pasangan pemenang Pilkada DKI Jakarta 2017 ini juga menjalani pemotretan. Nantinya foto hasil pemotretan mereka akan dipajang di Balaikota DKI Jakarta setelah resmi dilantik.

Suasana pemotretan berlangsung cair. Sandi mendapat kesempatan pertama menjajal baju.

Tidak butuh waktu lama bagi Sandi mengepaskan pakaian dinas serba putih itu. Pengusaha sukses ini pun tampak luwes menghidupkan suasana, bahkan sempat berpose jurus bangau terbang saat kilatan cahaya kamera menyorotnya.

“Enggak membayangkan pakai seragam lagi. Terakhir pakai seragam waktu SMA,” kata Sandi sambil tertawa mengungkapkan pengalaman pertamanya mengenakan pakaian dinas upacara wakil gubernur, Kamis (12/10/2017).

Lain halnya dengan Anies yang tampak serius menjalani dua kegiatan itu. Mantan Rektor Universitas Paramadina itu malahan harus dua kali mengulangi pemotretan. Itu karena kacamata yang dikenakannya memantulkan cahaya kamera.

Saat fitting, Anies juga harus melakukan beberapa kali karena merasa bajunya kebesaran. Rupanya penjahit sengaja melonggarkan baju Anies.

“Bagus (pakaian dinasnya). Memang pertama kali ukurannya terasa besar. Tapi beliau (penjahit) sampaikan, memang kalau dibuat dibesarkan dulu untuk lebih mudah melakukan pengecilan dari pada terlalu kecil. Jadi ini pengecekan yang ke dua dan yang ke dua sudah pas,” ucapnya, di sela-sela fitting.

Anies mengungkapkan perasaannya campur aduk saat menjajal pakaian dinas yang akan ia kenakan saat upacara serah terima jabatan dari Djarot Saiful Hidayat, di Balaikota, Senin mendatang.

“Rasanya biasa saja, cuma rasanya baru ya pakai jas baju putih gitu atas bawah, sepatu putih. Saya terima kasih sepatunya teman-teman di koperasi AU mereka khusus tadi malam anterin dan pas sepatunya juga,” imbuhnya.

Anies didampingi wakilnya, Sandi, akan menggantikan Djarot yang masa jabatannya sebagai gubenur berakhir pada 15 Oktober seiring dengan berakhirnya periode 2012-2017. Dalam kurun waktu lima tahun itu, Jakarta dipimpin tiga gubernur secara bergantian yakni Jokowi, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot.

(julian/sir)